ANALISIS PENGARUH PROSEDUR, REPUTASI DAN PELAYANAN TERHADAP KURANGNYA MINAT USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN DI BANK BRI SYARIAH KCP KOTA PALOPO

EKA INDAH LESTARI, EKA (2021) ANALISIS PENGARUH PROSEDUR, REPUTASI DAN PELAYANAN TERHADAP KURANGNYA MINAT USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN DI BANK BRI SYARIAH KCP KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of EKA INDAH LESTARI.pdf] Text
EKA INDAH LESTARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Eka Indah Lestari, 2020,“Analisis pengaruh prosedur, reputasi dan pelayanan
terhadap minat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam
mengajukan pembiayaan di Bank BRI Syariah KCP Kota Palopo.”
Skripsi Fakultas Ekonomi dan bisnis islam (dibimbing oleh
Tadjuddin, SE., M.Si., Ak., CA., CSRS., CAPM., CAPF., CSRA.
Dan Muzayyanah Jabani, ST., MM.)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prosedur, reputasi dan
pelayanan terhadap minat UMKM dalam mengajukan pembiayaan di Bank BRI
Syariah KCP kota Palopo, baik secara parsial maupun simultan, dan untuk
mengetahui faktor apakah yang paling dominan berpengaruh terhadap minat
UMKM mengajukan pembiayaan di Bank BRI Syariah KCP kota Palopo. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan
menggunakan SPSS For Windows Versi 23. Populasi dalam penelitian ini adalah
pelaku UMKM yang ada di Kota Palopo sebanyak 6.327 UMKM dengan sampel
sebanyak 99 responden. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan
data sekunder, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode
koesioner yaitu pengumpulan data berupa pernyataan untuk memperoleh
tanggapan dari sejumlah responden. Dengan menggunakan alat ukur berupa uji
validitas dan reliabilitas untuk mengetahui validnya hasil penelitian dan reliabel
dalam Cronbach Alpha 0,60. Selanjutnya dengan menggunakan analisis data
dengan menggunakan metode yaitu analisis regresi linear berganda dan
menggunakan pengujian hipotesis yaitu uji T, uji F dan uji R2
. Hasil penelitian uji
t menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari variabel independen yaitu prosedur
sebesar (0,246), reputasi sebesar (0,089) dan pelayanan sebesar (0,000) secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan. Hasil penelitian uji F menunjukan
bahwa terdapat pengaruh positif secara bersama-sama antara variabel prosedur,
reputasi, dan pelayanan terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan di bank
BRI syariah. Dari koefisien determinasi diketahui bahwa 64,0% terhadap minat
nasabah UMKM mengajukan pembiayaan pada lembaga keuangan syari‟ah dapat
di jelaskan oleh variabel prosedur, reputasi dan pelayanan. Sedangkan sisanya
sebesar 0,36% di pengaruhi oleh faktor-faktor lain atau variabel-variabel lain
yang tidak di masukkan kedalam penelitian ini. Dari model regresi tersebut dapat
diketahui bahwa pelayanan merupakan variabel yang paling mempengaruhi minat
UMKM mengajukan pembiayaan di bank BRI syariah.
Kata Kunci : Prosedur, Reputasi, Pelayanan, Minat UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:23
Last Modified: 14 Mar 2023 06:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5746

Actions (login required)

View Item View Item