HASMI PUTRI REJEKI SUDIR, HASMI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS POWTOON PADA MATERI FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
HASMI PUTRI REJEKI SUDIR.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hasmi Putri Rejeki Sudir, 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Powtoon pada
materi fungsi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Di MAN Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Nilam Permatasari Munir dan Dwi Risky Arifanti
Bahan ajar matematika berbasis Powtoon merupakan salah satu bahan yang
digunakan sebagai sarana untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar
serta serta memahami materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar matematika berbasis Powtoon
materi fungsi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reseach and Development
(RD). Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu analisis (Analyze),
perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation),
dan evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MAN Kota Palopo dengan subjek
penelitian yaitu siswa kelas X.E yang berjumlah 23 orang. Untuk mengetahui kelayakan
produk, peneliti menyebar angket kepada validator ahli materi dan ahli media serta
angket praktikalitas dan angket minat belajar kepada siswa kelas X.E
Hasil akhir pengembangan dalam penelitian ini adalah bahan ajar matematika
terbatas pada materi fungsi berupa video pembelajaran yang dapat diakses secara online
melalui akun youatube peneliti dan juga dapat diakses secara offline setelah video
didonwload. Hasil olah data kevalidan penelitian ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran matematika berbasis Powtoon pada materi fungsi untuk meningkatkan
minat belajar siswa kelas X.E yaitu pada hasil penilaian ahli materi (80%) dengan
kategori valid, ahli media (80%) dengan kategori valid, respon siswa (75,5%) dengan
kategori sangat praktis dan minat belajar hasil analisis inferensial statistic menggunakan
rumus paired sample t-test terdapat perbedaan siginifikan antara minat belajar siswa
sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yaitu sebesar 15,26%.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Fungsi, Minat Belajar, Powtoon
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:04 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:04 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5764 |
Actions (login required)
View Item |