HADRY, ARHAM (2023) DESAIN PEMBERIAN TUGAS BERBASIS PERBEDAAN INDIVIDU MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA KELAS V SDN 229 LAMUNRE KECAMATAN BELOPA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ARHAM HADRY.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
Arham Hadry, 2022 “Desain Pemberian Tugas Berbasis Perbedaan Individu
Materi Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia Kelas V SDN 229
Lamunre Kecamatan Belopa”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Ibu Hj. Nursaeni dan Ibu Lilis
Suryani.
Penelitian ini dilatorbelakangi oleh adanya perbedaan-perbedaan yang ter�dapat pada diri masing-masing individual, namun menyamaratakan semua peserta
didik ketika guru mengajar atau memberikan tugas pada dasarnya kurang sesuai
dengan prinsip individualitas.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dan pengembangan
Research & Development(R&D), model pengembangan yang digunakan dengan
menggunakan model yang dikembangkan oleh Sugiyono yang memiliki 10
tahap.Namun peneliti sampai 7 tahap dalam penelitian ini. Adapun tahap yang dil�akukan yaitu tahap potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk,
validasi desain, revisi desain, uji coba serta revisi produk.Teknik penggumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan guru dan siswa,
observasi, dokumentasi dan validasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon peserta didik dalam
penggunaan desain pemberian tugas berbasis individu materi kenampakan alam di
SD Negeri 229 Lamunre Kecamatan Belopa berdasarkan Persentase dari aspek
format dan isi materi mendapat skor 87% kategori layak. Hal ini diartikan bahwa
produk media pembelajaran yang dibuat telah sesuai dengan tujuan yang akan
dicapai dan siswa juga mampu menangkap serta mudah memahami materi yang
diberikan. Respon kelayakan validasi terhadap pengembangan desain pemberian
tugas berbasis individu materi kenampkan alam di SD Negeri 229 Lamunre Keca�matan Belopa cukup baik berdasarkan hasil penelitian dilakukan oleh ahli materi,
evaluasi dan desain yang terdapat dalam produk ini dinyatakan valid dan dapat
diujikan untuk menilai kelayakannya didalam proses pembelajaran. Hasil
persentase nilai total dari 3 variabel diperoleh 87% untukahli isi materi, 82 untuk
ahli desain, dan 91 untuk ahli evaluasi dalam proses dan pemberian tugas pada saat
pembelajaran.
Kata Kunci: Desain Pemberian Tugas, Perbedaan Individu, Materi Kenampa�kan Alam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 01:52 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 01:52 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5778 |
Actions (login required)
View Item |