KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BONGGAKARADENG TANA TORAJA

SARI, RATNA (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BONGGAKARADENG TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of RATNA SARI 18 0206 0164.PDF] Text
RATNA SARI 18 0206 0164.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ratna Sari, 2023.“Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 1 Bonggakaradeng
Tana Toraja”. Skripsi program Studi Manejemen Pendidikan
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Hj. A. Riawarda dan
Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam
menigkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 1 Bonggakaradeng Tana
Toraja dengan mengangkat masalah tentang bagaimana kepemimpinan kepala
sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 1
Bonggakaradeng Tana Toraja dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan
penghambat kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Bonggakaradeng
dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan
di SMP Negeri 1 Bonggakaradeng pada bulan Mei tahun ajaran 2021-2022.
Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wakasek, Guru
dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta
didik sudah cukup baik, dilihat dari kepala sekolah menerapkan fungsinya sebagai
educator menyadari peranya sebagai pendidik utama, kepala sekolah sebagai
pemimpin memberikan kebijakan dan akan dikenakan sanksi bagi yang melanggar
dan sebagai motivator kepala sekolah memberikan kesadaran peserta didik bahwa
sekolah ini sudah seperti keluarga sendiri. Kedisiplinan peserta didik saat ini
mengalami perkembangan dibandingkan sebelumnya peserta didik lebih banyak
mentaati peraturan dari pada yang melanggar. Faktor pendukung kepala sekolah
ialah bekerja sama dengan seluruh pihak sekolah untuk mendukung meningkatkan
kedisiplinan peserta didik. Adapun faktor penghambat yaitu sarana prasarana yang
belum memadai, kurangnya partisipasi peserta didik menyebabkan peningkatan
kedisiplinan peserta didik menjadi terhambat.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, kedispinan peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:47
Last Modified: 11 Apr 2023 01:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5798

Actions (login required)

View Item View Item