Nuraidah, Nuraidah (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 10 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ayy.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nuraidah, 2022. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi
Kenakalan Siswa di SMA Negeri 10 Luwu Utara”, Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh:
Baderiah dan Muh. Agil Amin.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMA Negeri 10 Luwu Utara. Penelitian ini
bertujuan: Untuk mengetahui dan menguraikan bentuk-bentuk kenakalan yang
terjadi pada siswa SMA Negeri 10 Luwu Utara; Untuk menganalisis faktor yang
menyebabkan terjadinya kenakalan pada siswa SMA Negeri 10 Luwu Utara;
Untuk menganalisis upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam SMA
Negeri 10 Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan fenomena. Penelitian ini
berupaya menggambarkan, menguraikan suatu keadaan yang sedang berlangsung
berdasarkan fakta dan informasi yang diperoleh dari lapangan. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil
penelitian in menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kenakalan yang biasa dilakukan
siswa di sekolah yaitu merokok, berkelahi, baju yang tidak rapi, rambut yang
panjang, bolos, terlambat masuk kelas, tidak memakai ikat pinggang, dan tidak
memakai dasi. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kenakalan,
antara lain: a) faktor lingkungan keluarga yaitu kurangnya pengawasan dari orang
tua terhadap anakb) faktor lingkungan sekolah yaitu kurangnya guru pendidikan
agama Islam, siswa memilih teman yang nakal c) faktor lingkungan masyarakat
yaitu masyarakat acuh terhadap lingkungan sekitar dan kurangnya pemahaman
mereka mengenai ilmu agama dan pendidikan. 3) Upaya guru dalam mengatasi
kenakalan siswa, antara lain: a) upaya preventif yaitu guru pendidikan agama
Islam mengajak siswa melakukan kegiatan di luar jam pelajaran misalnya
tadarussan bersama, shalat berjam’aah, dan menanamkan ilmu agama kepada
siswa b) upaya kuratif yaitu siswa dituntut untuk merubah perilakunya menjadi
lebih baik dan memberikan nasehat dan contoh teladan bagi siswa, dan c) upaya
pembinaan yaitu dengan melakukan kegiatan keagamaan di sekolah, pendekatan
terhadap siswa, dan pemberian sanksi yang bersifat mendidik dan tegas terhadap
siswa.
Kata Kunci: Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Mengatasi, Kenakalan
Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 01:46 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5822 |
Actions (login required)
View Item |