PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO (Telaah Implementasi Pendidikan Hadis-Hadis Yang Berbasis Karakter)

Kaharuddin, Kaharuddin PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO (Telaah Implementasi Pendidikan Hadis-Hadis Yang Berbasis Karakter). pp. 1-17.

[thumbnail of PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO.pdf] Text
PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO.pdf

Download (401kB)

Abstract

ABSTRAK
Dilakukannya penelitian mengenai implementasi pendidikan hadis-hadis berbasis
karakter terhadap peserta didik di lingkungan sekolahh Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
Palopo disebabkan lembaga pendidikan tersebut merupakan salah satu lembaga Negeri yang
berbasis keagamaan, dengan harapan bahwa lulusan MAN Palopo agar lebih berkualitas,
memiliki karakter yang memadai sehingga siap menghadapi berbagai problem dan
tantangan dimasa yang akan datang.
Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan hadis yang
berbasis karakter terhadap peserta didik Madrasah Aliyah negeri (MAN) Palopo, serta
faktor-faktor pendukungnya.
Data yang dihasilkan dalam penelitian ini tidak berupa angka-angka, akan tetapi
data yang dinyatakan secara simbolik berupa kata-kata tertulis atau tulisan, tanggapan non
verbal, lisan harfiah atau berupa deskriptif. Walaupun penelitian ini memfokuskan pada
data yang bersifat kualitatif, tetapi peneliti tidak mengabaikan data kuantitatif jika
diperlukan yang ditesiskan dalam bentuk ungkapan. Setelah itu peneliti berusaha memberi
makna terhadap data kuantitatif tersebut. Oleh Karena itu penelitian ini bersifat populasi
karena yang diteliti adalah guru yang mempertanggung jawabkan bidang studi Qur’an
Hadis yang jumlahnya sudah tertentu
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan
hadis-hadis berbasis karakter yang diterapkan oleh guru bidang studi Qur’an Hadis di
Madarasah Aliyah Negeri Palopo, dan juga untuk memperoleh gambaran tentang faktor-
faktor yang dapat menunjang implementasi pendidikan hadis-hadis berbasis karakter
tersebut terhadap peserta didik di Madarasah Aliyah Negeri palopo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran pendidikan hadis
yang berbasis karakter dilakukan oleh para guru bidang studi Qur’an Hadis pada Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) Palopo berdasarkan KTSP buku panduan Qur’an hadis. Bahkan jauh
sebelum adanya Silabus dan Rpp berkarakter, setiap materi hadis yang diajarkan kepada
siswa tujuannya adalah memperbaiki akhlak atau karakter peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 155.25 Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sainuddin sako
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:56
Last Modified: 18 Apr 2023 03:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5833

Actions (login required)

View Item View Item