Kaharuddin, Kaharuddin and Muh. Arief, Muh. Arief PENDEKATAN HUMANIS BERBASIS KEBUTUHAN KHUSUS (Studi di SLBN No.537 Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan.
Text
PENDEKATAN HUMANIS BERBASIS KEBUTUHAN KHUSUS (new).pdf - Other Download (296kB) |
Abstract
Abstrak:
Pendektan Humanis memiliki peranan sangat penting dalam membimbing peserta didik yang berkebutuhan
khusus(ABK). Seorang Guru dalam melaksanakan tugasnya tidak cukup menguasai bahan ajar dan memiliki
kemampuan teknis edukatif semata, tetapi juga harus menguasai dan mampu mengimplementasikan model
pendekatan humanis dalam proses pembelajaran sehingga menjadi sosok panutan bagi peserta didik, keluarga,
maupun masyarakat. Mengimplementasikan pendekatan humanis dalam pembelajaran akan menggerakkan dan
mendorong peserta didik dalam belajar sehingga peserta didik tersebut benar-benar dapat menguasai bidang ilmu
yang diajarkan. Karena itu guru harus mampu menerapkan model pendekatan humanis terhadap peserta didik agar
dapat memperoleh pembinaan yang sesuai dengan bakat yang dimilikinya.
Implementasi model pendekatan Humanis pada setiap mata pelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) perlu
dirancang dan didesain sedemikian rupa sehingga tumbuh dan berkembang sesuai dengan pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik yang berkebutuhan khusus (ABK). Hal ini merupakan suatu usaha untuk
mengembangkan sistem pembinaan di sekolah dan sistem pembelajaran yang efektif dan efisien. Pendekatan Humanis
dalam pembelajaran merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Model Pendekatan Humanis tersebut dalam proses pembelajaran termasuk salah satu faktor yang dapat menentukan
keberhasilan belajar peserta didik yang berkebutuhan khusus. Karena pendekatan humanis tersebut bertitik tolak
pada aspek psikologis dilihat dari pertumbuhan dan perkembangan anak yang memiliki kebutuhan khusus.
Pendekatan ini dilakukan sebagai strategi yang dipandang tepat untuk memudahkan peserta didik yang berbasis
kebutuhan khusus dalam memahami pelajaran.
Pendekatan Humanis di Sekolah Luar Biasa (SLB) menjadi penting, karena dilihat dari sudut psikologi
setiap anak yang sekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menerima
pelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pendekatan humanis yang sesuai potensi dan kemampuan anak didik
yang berbasis kebutuhan khusus.
Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), SLB Bara Kota Palopo, Hum
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370.19 Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Sosiologi Agama |
Depositing User: | sainuddin sako |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:16 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 04:07 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5835 |
Actions (login required)
View Item |