EVALUASI PROGRAM TAḤFĪẒH AL-QUR'AN DI SMP PESANTREN DATOK SULAIAMAN BAGIAN PUTRI PALOPO

HUSAIN, ERNAWATI (2023) EVALUASI PROGRAM TAḤFĪẒH AL-QUR'AN DI SMP PESANTREN DATOK SULAIAMAN BAGIAN PUTRI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ERNAWATI HUSAIN.pdf] Text
ERNAWATI HUSAIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ernawati Husain, 2022. “Evaluasi Program Taḥfīẓh Al-Qur'an di SMP Pesantren
Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo”. Tesis Pascasarjana Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing oleh Dr. H.Hasbi M.Ag., dan Dr. H. Syamsu Sanusi,
M Pd.I. Penelitian tentang Evaluasi Program Taḥfīẓh Al-Qur'an di SMP Pesantren
Datok Sulaiaman Bagian Putri Palopo bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi program Taḥfīẓh Al Qur’an di SMP Datok
Sulaiman Bagian Putri Palopo; 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil
evaluasi program Taḥfīẓh Al Qur’an di SMP Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo
ditinjau dari Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatatif deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu, teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan program Taḥfīẓh al
Qur’an di SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman Bagian Putri dikelola
menggunakan kurikulum terintegrasi antara kurikulum nasional dengan kurikulum
kepesantrenan. Pelaksanaan pembelajaran program Taḥfīẓh al Qur’an di SMP
Pesantren Modern Datok Sulaiman dilaksanakan dengan menggunakan metode
tahsin, sabaq-sabqi, manzil dan diniyah.. 2) Evaluasi Program taḥfīẓh al Qur’an di
SMP Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo ditinjau dari: 1) Evaluasi context yaitu
memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas sehingga mampu memotivasi santri
dalam menghafal al Qur’an dengan adanya dukungan yang baik dari sekolah. 2)
Evaluasi Input yaitu kompetensi yang dimiliki guru taḥfīẓh dengan memiliki
kemampuan hafalan 30 juz dan pemahaman membaca al Qur’an. Sedangkan santri
dalam mengikuti program taḥfīẓh Qur’an ini memiliki antusias menghafal yang
tinggi. Program ini didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. 3) Evaluasi
Process pada program Taḥfīẓh Qur’an yaitu pelaksanaan berjalan lancar dan sesuai
dengan yang telah direncanakan. Metode yang digunakan guru terdiri dari metode
tahsin, sabaq-sabqi, manzil dan diniyah. Hambatan yang ditemukan dalam program
taḥfīẓh adalah tidak meratanya semangat para santri dalam mengikuti program taḥfīẓh
al Qur’an serta kurangnya motivasi diri dalam melakukan usaha menghafal al Qur’an
serta padatnya waktu belajar. 4) Evaluasi Product / Hasil pada program taḥfīẓh
Qur’an yaitu hasil (Output) yang dicapai dilihat dari tiga ranah (kognitif, afektif, dan
psikomotor), outcome program taḥfīẓh Qur'an, dan manfaat yang telah didapat peserta
didik. Kata Kunci: Evaluasi Program, Taḥfīẓh Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:17
Last Modified: 18 Apr 2023 06:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item View Item