PENGARUH FAKTOR PRIBADI, FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE GAMBUNG DI KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU

MUNIR, RESA (2022) PENGARUH FAKTOR PRIBADI, FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE GAMBUNG DI KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI RAMPUNG ACC.pdf] Text
SKRIPSI RAMPUNG ACC.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Resa Munir, 2022.“Pengaruh Faktor Pribadi, Faktor Sosial dan Faktor
Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Kue Gambung
Dikecamatan Suli Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muzayyanah
Jabani.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Faktor Pribadi, Faktor Sosial dan
faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Kue Gambung Dikecamatan Suli
Kabupaten luwu. Penelitian ini bertujuan. untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh faktor pribadi, faktor sosial dan faktor psikologis secara parsial dan
simultan terhadap keputusan pembelian kue gambung Di kecamatan Suli
kabupaten Luwu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakuakan pembelian produk kue
gambung minimal dua kali pembelian. Sedangkan teknik sampel dalam penelitian
ini adalah accidental sampling dengan penentuan sampel sebanyak 96 sampel.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui
pembagian angket/kuesioner kepada responden. Selanjutnya, teknik pengelolaan
dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan
analisis data kuantitatif dengan bantuan program SPSS 24. Adapun tahapan dalam
teknik pengelolaan dan analisis data yaitu uji kualitas instrumen penelitian yaitu
uji validitas dan uji reabilitas. Selanjutnya, akan dilakukan dengan metode uji
kolmogorov smirnov dan uji multikolinearitas. Kemudian penelitian ini akan
menggunakan teknik analisis uji regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial faktor pribadi
memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan sedangkan faktor sosial dan faktor
psikologis berpengaruh positif an signifikan secara parsial. Secara simultan faktor
pribadi, faktor sosial, dan faktor psikologis memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian kue gambung Dikecamatan Suli
Kabupaten Luwu. Selain itu variabel faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor
psikologis dapat menjelaskan keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar
48,6% sedangkan sisanya 51,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian
ini.
Kata Kunci : faktor pribadi, faktor psikologis, faktor sosial, keputusan
pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Apr 2023 00:48
Last Modified: 26 Apr 2023 00:48
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5844

Actions (login required)

View Item View Item