Values in The Book of Islamic Religious Education and Characteristics For First High School in Curriculum 2013: A Content Analysis

Yusuf, Munir and Rahmah, Nur and Nursyams, Nursyams and Firman, Firman (2022) Values in The Book of Islamic Religious Education and Characteristics For First High School in Curriculum 2013: A Content Analysis. Edukasi Islami, 11. pp. 1335-1348. ISSN 2614-4018

[thumbnail of MUNIR.pdf] Text
MUNIR.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Maraknya kekerasan di kalangan pelajar, menimbulkan kesan betapa mandulnya pendidikan
melahirkan pelajar yang berbudi pekerti luhur. Penelitian ini merupakan studi terhadap isi
buku pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Sekolah Menengah Pertama
(SMP) yang menjadi buku pegangan siswa. Pokok masalahnya adalah, nilai-nilai apa saja
yang terkandung di dalam buku pelajaran PAI SMP, serta relevansinya dengan realitas
kehidupan pelajar SMP. Peneliti menganalisis tiga hal: Pertama, prospek buku pelajaran
pendidkan agama Islam dalam memecahkan masalah kehidupan remaja di SMP. Kedua, nilai�nilai yang menjadi muatan buku pelajaran pendidikan agama Islam dalam menjawab masalah
kehidupan remaja SMP. Ketiga, Solusi terhadap persoalan remaja di SMP yang ditawarkan
melalui materi buku pelajaran pendidikan agama Islam tingkat Sekolah Menengah Pertama
(SMP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan materi buku pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP memuat 5 isu penting, yaitu Tauhid, Akhlak, Sejarah, Toleransi dan Taat
Asas. Kelima isu tersebut terurai dalam beragam pesan, yang seluruhnya teridentifikasi ke
dalam 31 bentuk pesan, dimana pesan tentang ketaatan dan toleransi merupakan pesan dengan
frekuensi terbesar dibandingkan dengan pesan-pesan lainnya. Buku Pelajaran Pendidikan
Agama Islam untuk SMP terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 telah
memenuhi kriteria standar atas aspek-aspek pengetahuan Islam yang menjadi kebutuhan
peserta didik di SMP. Disarankan, bahwa untuk meningkatkan efektifitas penggunaan buku
pelajaran Pendidikan Agama Islam, para guru pendidikan agama Islam wajib diberi bekal
berupa orientasi dan pendalaman terhadap buku panduan guru yang berfungsi sebagai
pendamping buku pelajaran untuk siswa.
Kata kunci: Buku Pelajaran, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Remaja,
Kurikulum 2013

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sainuddin sako
Date Deposited: 08 May 2023 00:04
Last Modified: 08 May 2023 00:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item View Item