HASRIANTI, HASRIANTI (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI UPT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 MALANGKE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
HASRIANTI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hasrianti, 2022. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di UPT Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Negeri 2 Malangke.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh: Dr. Hj. St. Marwiyah, M.Ag. dan Abdul Rahim Karim, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di UPT Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Malangke. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk
mengetahui realitas kedisiplinan belajar peserta didik di UPT SMP Negeri 2
Malangke; 2) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di UPT SMP Negeri 2 Malangke.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data menggunakan
sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, display/penyajian data, dan verifikasi/penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan
teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Realitas kedisiplinan belajar
peserta didik di UPT SMP Negeri 2 Malangke sudah berjalan dengan baik, meski
masih ada beberapa peserta didik yang melanggar tata tertib. Dari data observasi
yang peneliti dapatkan di lapangan meski masih ada pelanggaran yang dilakukan
oleh peserta didik, itu masih dalam pelanggaran kecil dan bisa diberikan arahan
oleh guru. 2). Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan
kedisiplinan belajar peserta didik diterapkan peraturan/tata tertib ketika masuk
kelas peserta didik harus datang tepat waktu serta berpakaian rapi, santun dan
tertib. Selanjutnya, untuk mengontrol kedisiplinan belajar peserta didik guru
selalu mengabsen terlebih dahulu untuk mengetahui hadir tidaknya peserta didik
dan setelah pembelajaran selesai, guru selalu memberikan tugas minimal 5 nomor
yang pada akhirnya ada sebuah penilaian yang dilakukan oleh guru PAI serta
pemberian hukuman/sanksi bagi peserta didik yang melanggar peraturan.
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kedisiplinan Belajar, UPT SMP Negeri 2
Malangke.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 12 May 2023 00:51 |
Last Modified: | 12 May 2023 00:51 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5995 |
Actions (login required)
View Item |