MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VA SDN 44 RAMPOANG PALOPO

Jufri, Yuyun (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VA SDN 44 RAMPOANG PALOPO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Yuyun Jufri.pdf] Text
Yuyun Jufri.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
YUYUN JUFRI. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan
Matematika Realistik pada Siswa Kelas VA SDN 44 Rampoang Palopo.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah, Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo ( Pembimbing I Drs. Hisban
Thaha, M.Ag dan Pembimbing II Nursupiamin,S. Pd.,M. Si).
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Pendekatan Matematika Realistik
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui
pendekatan matematika realistik. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VA SDN
44 Rampoang Palopo dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang.
Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing – masing siklus dilaksanakan
selama 5 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan
lembar observasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif
dan kualitatif. Data mengenai hasil belajar matematika dianalisis secara kuantitatif
dengan menggunakan analisis statistika deskriptif sedangkan data hasil observasi dan
angket dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa
kelas VA SDN 44 Rampoang pada tes awal 47,67, siklus I dengan skor rata-rata
58,21, sedangkan skor rata- rata hasil belajar matematika pada siklus II meningkat
menjadi 73,93 dari skor rata ideal 100. Sehingga peningkatan skor rata- rata hasil
belajar matematika dari siklus I dan siklus II adalah 15,72 satuan.
Dengan demikian penerapan matematika realistik dalam proses pembelajaran
dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga hasil belajar matematika juga
meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 12 May 2023 05:38
Last Modified: 12 May 2023 05:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5997

Actions (login required)

View Item View Item