KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA MTS. PONDOK PESANTREN BABUSSAADAH BAJO KEC. BAJO, KAB. LUWU

Dariani, Dariani (2011) KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA MTS. PONDOK PESANTREN BABUSSAADAH BAJO KEC. BAJO, KAB. LUWU. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Dariani.pdf] Text
Dariani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Dariani, 2011. “Kompetensi Guru Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Pada MTs.
Pondok Pesantren Babussaadah Bajo Kec. Bajo, Kab. Luwu”.
Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama
Islam (PAI). Pembimbing (I) H. Ismail Yusuf, Lc., M.Ag., (2)
Fauziah Zainuddin, S.Ag., M.Ag.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits.
Skripsi ini mengkaji kompetensi guru mata pelajaran al-Qur’an Hadits
pada Pondok Pesantren Babussa’adah Bajo, Kec. Bajo Kab. Luwu dengan tujuan
(1) mengetahui kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran, (2) mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru, serta (3) faktor pendukung
dan penghambat pelaksanaan kompetensi guru pada Pondok Pesantren
Babussa’adah Bajo, Kec. Bajo, Kab. Luwu.
Penelitian ini didesain dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Untuk
mengumpulkan data-data yang dibutuhkan, digunakan dua metode yaitu metode
library research dan filed research dan menggunakan instrument berupa angket,
wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis
dengan menggunakan metode deduktif, induktif dan komparatif.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa kompetensi guru mata pelajaran al�Qur’an Hadits Pondok pesantren Babussa’adah Bajo, Kec. Bajo, Kab. Luwu
tergolong sangat baik karena dari komponen-komponen kompetensi yang ada
dilaksanakan sepenuhnya oleh guru mata pelajaran dalam setiap proses belajar
mengajar. Sementara itu, faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru mata
mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada MTs. Babussa’adah Bajo, Kec. Bajo, Kab.
Luwu adalah (a) faktor guru; (b) sarana dan prasarana pembelajaran; dan (c)
sekolah dan instansi terkait. Kompetensi guru didukung oleh beberapa faktor
pendukung seperti (a) kualifikasi akademik guru; (b) motivasi guru; (c) dukungan
dari pihak sekolah; (d) dukungan dari pihak pemerintah dan dinas terkait; dan (e)
ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. Adapun faktor penghambat yang
ada adalah (a) kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang kompetensi
guru; (b) minimnya sarana dan prasarana; serta (c) masih minimnya pelatihan�pelatihan bagi guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 12 May 2023 07:13
Last Modified: 12 May 2023 07:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6005

Actions (login required)

View Item View Item