Darlis, Darlis (2011) MADRASAH TSANAWIYAH AL-QASHASH TOBEA SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI TOBEA KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
Darlis.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Darlis, 2011. “Madrasah Tsanawiyah Al-Qashash Tobea sebagai Salah Satu Media
Pengembangan Pendidikan Islam di Tobea Kec. Ponrang Selatan Kabupaten
Luwu” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I) Drs.
Nurdin K, M.Pd. Pembimbing (II) Muh. Irfan Hasanuddin, S.Ag., M.A.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam
Skripsi ini mengkaji tentang Madrasah Tsanawiyah Al-Qashash Tobea
sebagai salah satu media pengembangan pendidikan islam di Tobea Kec. Ponrang
Selatan Kabupaten Luwu.
Penelitian ini mengangkat permasalahan 1) Bagaimana kiprah MTs al�Qashash Tobea dalam pengembangan pendidikan Islam di Tobea Kecamatan Ponrang
Selatan Kabupaten Luwu? 2) Apa hambatan yang dihadapi MTs al-Qashash Tobea
dalam mengembangkan pendidikan Islam di Tobea Kecamatan Ponrang Selatan
Kabupaten Luwu?
Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan deskritif kualitatif yang
jumlah populasinya meliputi seluruh guru dan siswa MTs Al-Qashash Tobea dengan
populasi siswa sebanyak 125 siswa. Dan populasi guru sebanyak 20 guru. Sampel
penelitian ini sebanyak 6 sampel guru dengan menggunakan purpossive sampling
Instrumen yang digunakan adalah catatan observasi, dan pedoman wawancara.
Teknik analisis datanya induktif, deduktif, dan komparatif.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: 1) Kiprah MTs al-Qashash Tobea
dalam pengembangan pendidikan Islam di Tobea Kecamatan Ponrang Selatan
Kabupaten Luwu yakni telah berperan dengan baik dalam melakukan pengembangan
pendidikan Islam di daerah tersebut. Kiprah yang dilakukan dalam mengembangkan
pendidikan Islam yakni: a) memperjelas visi misi pendidikan, b) memperjelas tujuan
pendidikan, c) memperjelas sasaran pendidikan, d) merumuskan masalah pokok, e)
menyelenggarakan pendidikan formal dan nonformal, f) menjadikan MTs Al-Qashash
Tobea lembaga pengembangan masyarakat, g) evaluasi kegiatan pendidikan. 2)
Hambatan yang dihadapi MTs al-Qashash Tobea dalam mengembangkaan
pendidikan Islam di Tobea Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu secara
umum dapat dibagai ke dalam dua bagian pokok yakni hambatan internal (hambatan
dari dalam) yakni meliputi: a) kekurangan dalam segi finansial; b) kekurangan tenaga
pendidik dan kependidikan professional; c) kekurangan sarana dan prasarana
penunjang proses pendidikan. Hambatan eksternal (hambatan yang datang dari luar)
yakni meliputi: a) faktor lingkungan keluarga; dan b) faktor lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 12 May 2023 07:18 |
Last Modified: | 12 May 2023 07:18 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6007 |
Actions (login required)
View Item |