RAMADHANI, NIRJA (2023) KETERAMPILAN KONSEPTUAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NIRJA RAMADHANI.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nirja Ramadhani, 2023, “Keterampilan Konseptual Kepala Sekolah dalam
Mengembangkan Merdeka Belajar di Sekolah Menengah
Atas Negeri 3 Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Munir
Yusuf, dan Firman Patawari.
Sekripsi ini membahas tentang Keterampilan Konseptual Kepala Sekolah
dalam Mengembangkan Merdeka Belajar di SMA Negeri 3 Palopo. Penelitian ini
bertujuan: Untuk mengetahui keterampilan konseptual kepala sekolah dalam
mengembangkan merdeka belajar di SMA Negeri 3 Palopo; Untuk mengetahui
hambatan yang dialami oleh kepala sekolah dalam mengembangkan merdeka
belajar di SMA Negeri 3 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Data penelitian diperoleh melalui
wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan analisis data meggunakan
pengolahan/penataan bahan mentah, pemilahan data yang didasarkan pada hasil
penulisan ulang, pengkodean data sesuai dengan karakteristik informasi,
pemertalian koherensi data secara analitis, identifikasi hubungan makna antar data
yang satu dengan yang lain, transposisi data dalam bentuk bagan, pemaparan
makna dan penulisan ulang tentang pemaparan makna.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kebijakan merdeka belajar di SMA
Negeri 3 Palopo sudah berjalan, walaupun masih dalam tahap awal penerapan.
Kepala sekolah di SMA Negeri 3 Palopo memenuhi dan telah melaksanakan
keperanananya dalam kegiatan merdeka belajar dengan tahap-tahap kegiatan
sebagai berikut: membuat perencanaan, membuat in house training dalam
pembuatan RPP yang efektif dan efisien, melibatkan semua tenaga pendidik
dalam merumuskan kebijakan, melaksanakan merdeka belajar sesuai dengan SOP
(Standar Operasional Prosedur). Hambatannya yaitu belum semua guru
memahami konsep merdeka belajar; masih kurangnya guru sebagai guru
penggerak yang merupakan motivator dan distributor kebijakan merdeka belajar;
masih banyak guru yang gagap teknologi informasi; dan masih banyak peserta
didik yang kurang percaya diri dalam mengembangkan minat dan bakatnya.
Kata Kunci: Keterampilan Konseptual Kepala Sekolah, Merdeka Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 15 May 2023 00:43 |
Last Modified: | 15 May 2023 00:43 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6015 |
Actions (login required)
View Item |