EFEKTIVITAS PEMBERIAN HUKUMAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs KADUAJA KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA

Elpi, Elpi (2013) EFEKTIVITAS PEMBERIAN HUKUMAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs KADUAJA KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Elpi.pdf] Text
Elpi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Elpi. 2013, “Efektivitas Pemberian Hukuman Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
MTs Kaduaja Kecamatan GandangBatu sillanan Kabupaten Tana
Toraja”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (1) Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd. Pembimbing (2) Dra.
Baderiah, S.Ag.
Kata kunci : Efektivitas, Pemberian Hukuman, MTs Kaduaja
Skripsi ini mengacu pada permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana penerapan
hukuman pada siswa di MTs Kaduaja Kecamatan GandangBatu sillanan Kabupaten
Tana Toraja. 2) Bagaimana bentuk pemberian hukuman pada siswa di MTs Kaduaja
Kecamatan GandangBatu sillanan Kabupaten Tana Toraja. 3) Bagaimana efektivitas
pemberian hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di MTs Kaduaja Kecamatan GandangBatu sillanan
Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan
hukuman pada siswa di MTs Kaduaja Kecamatan GandangBatu sillanan Kabupaten
Tana Toraja. 2) Mengetahui bentuk pemberian hukuman pada siswa di MTs Kaduaja
Kecamatan GandangBatu sillanan Kabupaten Tana Toraja. 3) Mengetahui efektivitas
pemberian hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam.
Dalam konteks penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian
deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa di MTs Kaduaja yang berjumlah 154 orang. Sampel yang ditetapkan
adalah 38 orang dengan menggunakan teknik proportional sampling. Data yang
bersifat kuantitatif diolah melalui tabel frekuensi, sedangkan data yang bersifat
kualitatif diolah melalui penjabaran kata-kata. Adapun teknik pengumpulan data yaitu
observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa efektivitas
dari pemberian hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Kaduaja bisa dianggap efektif dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa sepanjang pelaksanaannya itu betul-betul efektif
dan tepat sesuai dengan nilai-nilai kependidikan misalnya dalam masalah kedisiplinan
dan kerajinan siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 01:07
Last Modified: 15 May 2023 01:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6024

Actions (login required)

View Item View Item