Jama, H. Narwin (2011) STUDI TENTANG PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDiKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MTs DARUL ISTIQAMAH LEPPANGAN KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
H. Narwin Jama.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Jama, H. Narwin. 2011. Studi Tentang Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran 
di MTs Darul Istiqamah Leppangan Kecamatan Ponrang Selatan 
Kabupaten Luwu. Pembimbing (1) Dr. Abdul Pirol, M.Ag., 
Pembimbing (2) Muhammad Irfan Hasanuddin, M.A. 
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) 
 Skripsi ini membahas studi tentang pendekatan kontekstual dalam pembelajaran 
di MTs Darul Istiqamah Leppangan Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. 
Penelitian ini mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: 1] Bagaimana penerapan 
pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs 
Darul Istiqamah Leppangan Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu, 2] Apa 
kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan pendekatan 
kontekstual dalam pembelajaran PAI di MTs Darul Istiqamah Leppangan Kecamatan 
Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. 
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif�kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa MTs Darul Istiqamah 
Leppangan Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Adapun sampel dalam 
penelitian ini adalah sebanyak 60 sampel siswa dan sampel guru sebanyak 4 guru 
yang diambil berdasarakan tujuan (purpossive sampling). Instrumen yang digunakan 
dalam penelitan ini adalah angket, catatan observasi dan pedoman wawancara. 
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tabulasi dan persentase. 
 Hasil penelitian sebagai berikut: 1] Penerapan pendekatan kontekstual dalam 
pembelajaran PAI di MTs Darul Istiqamah Leppangan cukup menantang bagi guru�guru MTs Darul Istiqamah khususnya bagi guru PAI (Akidah Akhlak, al-Qur’an 
Hadis, Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam). Pertama, pendekatan kontekstual 
mengharuskan guru menghubungkan konsep (materi pembelajaran) dengan 
kehidupan nyata. Kedua, guru harus selalu memotivasi siswa untuk menghubungkan 
konsep dan teori yang dipelajarinya dengan kehidupan nyata baik di dalam keluarga 
maupun di masyarakat. Ketiga, model pendekatan kontekstual mengharuskan para 
guru untuk mengetahui minat dan bakat siswa, 2] Kesulitan yang dihadapi guru PAI 
(Fiqh, Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam) dalam 
menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI terdiri atas faktor 
internal dan eksternal. Faktor internal antara lain kurang dapat menerapkan prinsip�prinsip pembelajaran kontekstual (CTL) menekankan pada pembelajaran bermakna 
secara konsisten. Guru kurang memahami dan menghargai siswa. Selain itu, 
pembelajaran harus sesuai dengan kecenderungan hidup mereka. Faktor eksternal 
yakni: a] motivasi dan minat belajar siswa tidak merata, b] tidak meratanya motivasi 
dan minat siswa yang diajar dalam satu kelas, c] waktu yang tidak cukup untuk 
menyimak bacaan siswa satu persatu, d] kelas yang cukup besar, e] tingkat keaktifan 
siswa yang tidak merata
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 15 May 2023 01:23 | 
| Last Modified: | 15 May 2023 01:23 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6027 | 
