Imran, Habibi (2011) HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALITAS GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 57 PADANG SAPPA KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Habibi Imran.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Habibi Imran, 2011. Hubungan Antara Profesionalitas Guru dengan Prestasi Belajar
Siswa SDN 57 Padang Sappa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu. Di
bawah bimbingan (1) Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I (2) Dr. Muhaemin, M.A
Kata Kunci : Profesionalitas Guru, Prestasi Belajar
Profesionalitas guru yang dimaksud dalam skripsi ini adalah guru yang
berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi
belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang nantinya
akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Kompetensi guru yang
diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan
program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan
pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola
proses belajar mengajar. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses
belajar mengajar.
Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses
kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk
nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang
studi yang telah dipelajari oleh peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi
profesionalitas guru di SDN 57 Padang Sappa terhadap prestasi siswa. Teknik
pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket yang diberikan kepada
peserta didik kelas V yang dipilih secara acak, kemudian dengan observasi,
wawancara dan dengan studi dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh,
penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus
product momen untuk mengetahui apakah ada korelasi antara profesionalitas guru
dengan prestasi belajar siswa. Selanjutnya penulis menyimpulkan hasil penelitian
dalam bentuk analisis interpretasi data.
Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa
terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalitas guru dengan prestasi
belajar siswa di SDN 57 Padang Sappa. Kontribusi profesionalitas guru terhadap
prestasi belajar siswa adalah 50%. Adapun 50% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2023 01:29 |
Last Modified: | 15 May 2023 01:29 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6028 |
Actions (login required)
View Item |