SARI, INDAH (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATERI MENGENAL HURUF DI KELAS 1 SDN 25 SABBAMPARU KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
INDAH SARI.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Indah Sari 2022 “Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Untuk
Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Materi Mengenal
Huruf di Kelas 1 SDN 25 Sabbamparu Kota Palopo”. Fakultas
Tarbiyah & Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing (I)
Dr. Baderiah, M.Ag. (II) Ahmad Munawir, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan skripsi ini adalah: 1) Bagaiman gambaran penerapan media
pembelajaran papan pintar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada
materi mengenal huruf di kelas 1 SDN 25 Sabbamparu kota Palopo? 2) Apakah
penerapan media pembelajaran papan pintar dapat meningkatkan kemampuan
membaca siswa pada materi mengenal huruf di kelas 1 SDN 25 Sabbamparu kota
Palopo?
Penelitian ini adalah penelitian tindakah kelas (PTK). Sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui studi lapangan dan
data sekunder melalui studi pustaka, dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, dan dokumentasi. Subyek data dalam penelitian ini adalah guru kelas I
SDN 25 Sabbamparu dan siswa Kelas I SDN Sabbamparu sebanyak 21 orang.
Hasil penelitian menunjukan : 1) kemampuan membaca siswa pada materi
mengenal huruf di kelas 1 SDN 25 Sabbamparu kota Palopo masih berfluktuasi
terutama materi pada tingkat kesulitan tertentu, 2) Upaya guru dalam mengatasi
masalah tersebut ialah dengan menerapkan media pembelajaran papan pintar yang
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada materi mengenal
huruf l yang bersesuaian dengan karakter bermain siswa pada umumnya terutama
untuk siswa kelas I sekolah dasar 3) Faktor pendukung dalam masalah
kemampuan membaca dan pengenalan huruf di kelas I SDN 25 Sabbamparu ialah
ketersediaan fasilitas media pembelajaran oleh pihak sekolah dan guru kelas
secara pribadi. Sebaliknya faktor penghambat dalam kemampuan membaca dan
pengenalan huruf di kelas I SDN 25 Sabbamparu ialah perbedaan ketersediaan
fasilitas siswa dalam mengakses media pembelajaran untuk pengulangan materi di
rumah.
Implikasi: Kemampuan membacadan pengenalan huruf siswa akan lebih
meningkat dengan efektif dan efesiensi dalam lingkup kelas I SDN 25
Sabbamparu apabila penerapan media pembelajaran dapat diakses oleh siswa
dengan adanya kerja sama dengan orang tua siswa dalam memberikan fasilitas
penunjang seperti media pembelajaran.
Kata Kunci : Penerapan, Media Pembelaj
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 372.4 Membaca, Belajar Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 15 May 2023 01:28 |
Last Modified: | 15 May 2023 01:28 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6029 |
Actions (login required)
View Item |