FUNGSI MEDIA BUKU CERITA AGAMA DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS V SD NEGERI 131 PINCE PUTE KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA

Haeriah P, Haeriah P (2013) FUNGSI MEDIA BUKU CERITA AGAMA DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS V SD NEGERI 131 PINCE PUTE KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Haeria P.pdf] Text
Haeria P.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Haeriha P, Judul Skripsi : “Fungsi Media Buku Cerita agama dalam
Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran PAI Siswa Kelas V SDN
131 Pince Pute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara” Nim :
08.16,2,0068, pembimbing 1) Drs. Hasri, M.A, pembimbing 2) Dra.
Baderiah, M.Ag.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca dan Pembelajaran PAI
Media pembelajaran adalah sarana atau perantara yang digunakan oleh
guru dalam menyampaikan meteri pelajaran kepada siswa yang disesuaikan
dengan tujuan standar kompetensi/kompetensi dasar supaya dapat membantu
kelancaran dalam pembelajaran sehingga tujuan instruksional/pembelajaran
dapat tercapai dengan baik. Adapun rumusan masalah yang didapatkan ialah
bagaimana fungsi media buku cerita terhadap kemampuan membaca siswa
dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 131 Pince Pute Kecamatan Malangke
dan Bagaimana proses pembelajaran pendidikan guru agama Islam di SD
Negeri 131 Pince Pute.
Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, peneliti
berusaha untuk memperoleh dan menggambarkan data mengenai “Fungsi
media buku cerita dalam kemampuan membaca pada pembelajaran PAI siswa
kelas V SD Negeri 131 Pince Pute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu
Utara”. Jenis Penelitian, lokasi penelitian, sumber data, defenisi operasional,
metode pengumpulan data, metode analisis data,
Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa fungsi media buku cerita
dapat menarik perhatian peserta didik dan merupakan sebagai alat bantu dalam
kegiatan pembelajaran. Sedangkan dalam proses pembelajaran PAI yang
dilakukan ialah meningkatkan strategi, memberikan motivasi kepada peserta
didik, menciptakan pembelajaran yang menarik.
Penulis menyarankan kepada seluruh tenaga pengajar yang ada di SD
Negeri 131 Pince Pute hendaknya senantiasa meningkatkan kompetensi mereka
dalam penguasaan dan pengajian materi agar para peserta didik dapat
memahami dengan baik apa yang telah diajarkan, senantiasa memberi
semangat, dorongan dan nasehat sebelum memulai pelajaran dan tak kalah
pentingnya adalah memiliki kepribadian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 01:52
Last Modified: 15 May 2023 01:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6035

Actions (login required)

View Item View Item