FATMASARI, INDRIANI (2022) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
INDRIANI FATMASARI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Indriani Fatmasari, 2022.“Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Kualitas Layanan Akademik Peserta Didik di SMA
Negeri 4 Palopo”,Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Alauddin dan Nur Rahma.
Skripsi ini membahas tentang manajemen kepala sekolah dalam
meningkatkan kualitas layanan akademik peserta didik di SMA Negeri 4 Palopo.
Penelitian ini bertujuan; untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam
meningkatkan kualitas layanan akademik peserta didik di SMA Negeri 4 Palopo;
kualitas layanan akademik peserta didik di SMA Negeri 4 Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan,
Tata Usaha, Guru, dan Peserta Didik. Teknik analisis yang digunakan yaitu
menggunakan teknik editing, karena, pada penelitian ini data yang diperoleh akan
dikumpulkan dan diketahui kebenaranya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : manajemen kepala sekolah dalam
meningkatkan kualitas layanan akademik di SMA Negeri 4 Palopo dengan
menerapkan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,
pengawasan. Bentuk perencanaan dalam meningkatkan kualitas layanan akademik
di SMA Negeri 4 Palopo ada dua yaitu dengan menyusun program-program,
menyusun strategi. Pengorganisasian yang dilakukan kepala sekolah yaitu adanya
penepatan kerja. Bentuk pelaksanaa yang dilakukan kepala sekolah yaitu
memotivasi, mengarahkan. Dan adanya pengawasan yang dilakukan kepala sekolah
yaitu melakukan supervisi. Kualitas layanan akademik peserta didik di SMA Negeri
4 Palopo, dengan membandingkan dua aspek, yaitu aspek assurance (memberikan
kepuasan paling tinggi), aspek reliability (aspek yang memberikan kepuasan paling
rendah kepada peserta didik).
Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Kualitas Layanan Akademik Peserta
Didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 15 May 2023 02:00 |
Last Modified: | 15 May 2023 02:00 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6038 |
Actions (login required)
View Item |