PENTINGNYA INOVASI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU ENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 366 LEPPANGEN DESA LAMPUARA KEC. PONRANG SELATAN KAB. LUWU

Hamniati, Hamniati (2011) PENTINGNYA INOVASI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU ENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 366 LEPPANGEN DESA LAMPUARA KEC. PONRANG SELATAN KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hamniati.pdf] Text
Hamniati.pdf

Download (871kB)

Abstract

ABSTRAK
Hamniati, 2011: “Pentingnya Inovasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan Agama Islam di SDN 366 Lepangang Desa Lampuara
Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu.” Jurusan Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing I, Drs. Hasbi,
M.Ag., Pembimbing II, Dr. Muhaemin, M.A.
Kata kunci : Inovasi Pendidikan, Mutu Pendidikan Agama Islam.
Skripsi ini membahas tentang Pentingnya Inovasi Pendidikan dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SDN 366 Lepangang Desa Lampuara
Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Yang menjadi pembahasan utama
penelitian ini adalah Pentingnya Inovasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan Agama Islam di SDN 366 Lepangang Desa Lampuara Kecamatan Ponrang
Selatan Kabupaten Luwu. Dalam hal ini penulis ingin memperoleh data tentang (1)
Bagaimana pengaruh inovasi pendidikan agama Islam bagi siswa di SDN 366
Leppangan Desa Lampuara Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu,
(2)Bagaimana peran guru dan orang Tua dalam pengembangan pendidikan agama Islam
di SDN 366 Leppangan Desa Lampuara Kec. Ponrang Selatan Kab. Luwu, (4)
Bagaimana tantangan dan peluang dalam pencapaian prestasi belajar siswa di SDN 366
Leppangan Desa Lampuara Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif yang
bersifat eksploratif untuk menguraikan sifat dan karakter terhadap fenomena. Jumlah
populasi keseluruhan adalah 265 siswa. Penelitian ini mengambil sampel 30 siswa dari
3 tingkatan kelas yakni kelas, IV, V, VI, masing-masing 10 orang. Selanjutnya dalam
pengumpulan data, penulis menggunakan cara: observasi, dokumentasi, angket dan
wawancara. Selanjutnya peneliti menganalisis data yang diperoleh dengan teknik
deskriptif,teknik Interpretative dan teknik komperatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1. Pengaruh inovasi pendidikan agama Islam bagi siswa di SDN 366 Leppangan Desa
Lampuara Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu, sangat penting keberadaannya
bagi peserta didik demi pengembangan ilmu pengetahuan ke depan.
2. Peran guru dan orang tua dalam pengembangan pendidikan agama Islam bagi siswa
di SDN 366 Leppangan berjalan dengan baik dan lancar karena berbagai kesiapan yang
telah dilakukan oleh guru dan orang tua dalam proses kependidikan.
3. Tantangan dan peluang dalam pencapaian prestasi siswa di SDN 366 Leppangen
masih mendapatkan kendala walaupun hal tersebut tidak berarti karena tanggungjawab
guru dalam mengajar dan bertanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai
pendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 02:40
Last Modified: 15 May 2023 02:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6040

Actions (login required)

View Item View Item