Hanisah, Hanisah (2011) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA DI SDN 363 MALENGGANG KEC.BUPON KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Hanisah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hanisah. 2011, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan
Pemahaman Belajar Siswa di SDN 363 Malenggang Kec. Bupon Kab.
Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah
Pembimbing (I) Drs. Nurdin Kaso, M. Pd., (II) Dra. Baderiah, M. Ag.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pemahaman Belajar Siswa, SDN
363 Malenggang Kec. Bupon Kab. Luwu.
Skripsi ini bertujuan mengetahui bagaimana peranan guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman Belajar Siswa SDN 363 Malenggang
Kec. Bupon Kab. Luwu.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 35 siswa yang terdiri atas kelas IV, V, VI
dan guru Pendidikan Agama Islam 3 orang dengan jumlah sampel 38 orang.
Penarikan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan
sampel berdasarkan tujuan penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan
teknik wawancara, teknik observasi, dokumentasi, dan teknik angket dengan
menyajikan empat alternative jawaban. Data dianalisis dengan menggunakan
distribusi frekuensi kualitatif dan kuantitatif.
Berdasrkan hasil dari penelitian angket menunjukkan bahwa pelajaran
Agama Islam sangat menyenangkan dengan persentase 85,72%, siswa senang kepada
guru Pendidikan Agama Islam dengan persentase 82,86%, materi Pendidikan Agama
Islam sangat mudah dipahami dengan persentase 85,22%, siswa paham pelajaran
Agama Islam yang disampaikan oleh guru dengan persentase 77,14%, pemahaman
materi semakin bertambah setelah proses belajar mengajar dengan persentase
94,28%, siswa memperhatikan materi pelajaran Agama Islam yang disampaikan oleh
guru dengan persentase 88,58%, siswa bertanya kepada guru tentang materi pelajaran
yang kurang dipahami dengan persentase 80%, tugas pendidikan Agama Islam selalu
dikerjakan oleh siswa dengan persentase 82,86%, beljar pendidikan Agama Islam
sangat membosankan dengan persentase Sangat Tidak Setuju 97,15%, siswa
mempraktekkan materi yang diperoleh dari sekolah dengan persentase 91,43%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendididkan Agama Islam sangat
berperan dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa di SDN 363 Malenggang
Kec. Bupon Kab. Luwu. Terlaksana dengan baik serta mengacu pada angket yang
telah di isi oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2023 03:00 |
Last Modified: | 15 May 2023 03:00 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6043 |
Actions (login required)
View Item |