Hasdiana, Hasdiana (2011) HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN NO. 429 SAGENAE KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Hasdiana.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hasdiana, 2011. Hubungan Pengawasan Orang Tua dan Guru PAI dengan Prestasi
Belajar Siswa pada SDN No. 429 Sagenae Kecamatan Suli Kabupaten
Luwu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing I: Drs.
Abdul Muin Razmal, M.Pd. Pembimbing II: Dra. Hj. Nuryani, M.A.
Kata Kunci: Pengawasan, Orang Tua, Guru, Prestasi Belajar
Skripsi ini membahas tentang hubungan pengawasan orang tua dan guru
PAI dengan Prestasi belajar siswa pada SDN No. 429 Sagenae. Pembahasannya
berangkat dari rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana bentuk pengawasan orang tua
dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN No. 429 Sagenae? 2)
Bagaimana prestasi siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam dengan adanya
pengawasan orang tua? 3) Bagaimana hambatan pengawasan antara orang tua
dengan guru dalam meningkatkan prestasi siswa di SDN No. 429 Sagenae?
Penelitian ini betujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bentuk pengawasan orang tua
dengan guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SDN No. 429 Sagenae. 2) Untuk
mengetahui prestasi siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam dengan adanya
pengawasan orang tua. 3) Untuk mengetahui hambatan pengawasan orang tua siswa
dengan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN No. 429 Sagenae.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang ditunjang oleh data
kuantitatif. Untuk memecahkan masalah tersebut, penulis mengadakan penelitian di
lapangan dengan menggunakan instrument penelitian yaitu angket, observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh melalui angket diolah
dengan metode statistik, sedang data yang diperoleh dari wawancara dianalisis
secara kualitatif kemudian diambil kesimpulan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kerja sama pengawasan orang
tua dan guru dalam meningkatkan prestasi siswa di SDN No. 429 Sagenae terbina
dengan baik ditandai adanya beberapa kegiatan yang memfasilitasinya. Prestasi
belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kategori baik,
karena mencapai nilai di atas standar kompetensi lulusan, yaitu 79, 50. Hambatan
yang dihadapi dalam meningkatkan prestasi pendidikan agama Islam pada siswa
SDN No. 429 Sagenae yaitu: Kurangnya pengetahuan agama yang diberikan oleh
orang tua kepada siswa sehingga para guru merasa kesulitan untuk merubah watak
yang dimiliki oleh siswa. Selain itu, banyak di antara siswa yang terpengaruh oleh
lingkungan sekitar, sehingga mereka mudah untuk mengikuti ajakan teman�temannya yang memang tidak pernah menginjak bangku sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2023 05:32 |
Last Modified: | 15 May 2023 05:32 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6048 |
Actions (login required)
View Item |