Haslindah, Haslindah (2014) STUDI TENTANG PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI MI 25 LAMASI PANTAI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Haslindah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Haslindah. 2014, Studi Tentang Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa di MI
25 Lamasi Pantai Kabupaten Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Pembimbing I Drs. M. Amir Mula, M.Pd.I.
Pembimbing II Mawardi, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci: Penerapan, Pendidikan Karakter, Siswa.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Proses penerapan pendidikan
karakter pada siswa di MI 25 Lamasi Pantai Kabupaten Luwu; 2. Faktor yang
menghambat penerapan pendidikan karakter pada siswa di MI 25 Lamasi Pantai
Kabupaten Luwu; 3. Output dari penerapan pendidikan karakter pada siswa di MI 25
Lamasi Pantai Kabupaten Luwu.
Dalam konteks penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian
kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menguraikan pemecahan masalah
yang ada berdasarkan data, uji persyaratan data, dan interpretasi hasil penelitian.
Populasi dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan semua guru di MI 25
lamasi Pantai Kabupaten Luwu yang berjumlah 17. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 17 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
total sampling karena jumlah populasi yang sedikit (kurang dari 100).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Upaya yang dilakukan untuk
menerapkan pendidikan karakter pada siswa di MI 25 Lamasi Pantai Kabupaten
Luwu yaitu memberikan instruksi kepada semua guru di MI 25 Lamasi Pantai agar
menggunakan perangkat pembelajaran yang memuat nilai-nilai kurikulum
pendidikan berkarakter, bekerja sama dengan orang tua siswa dan meminta dukungan
dari tokoh masyarakat dan pemerintah setempat dalam membina karakter siswa; 2.
Faktor-faktor yang dapat menghambat penerapan pendidikan berkarakter pada siswa
di MI Lamasi Pantai Kabupaten Luwu yaitu masih ada sebahagian guru di MI
Lamasi Pantai Kabupaten Luwu yang belum memahami kurikulum pendidikan
berkarakter. Hal tersebut terbukti dari perangkat pembelajarannya yang masih
menggunakan kurikulum lama, faktor lingkungan keluarga yang tidak terlalu
memperhatikan karakter anak-anaknya, dan lingkungan masyarakat tempat siswa
tinggal yang tidak baik sehingga dapat mmpengaruhi karakter siswa; 3. Output dari
penerapan pendidikan berkarakter pada siswa di MI 25 Lamasi Pantai Kabupaten
Luwu ialah siswa dapat memahami pendidikan berkarakter, siswa memiliki
kesadaran tentang etika di sekolah, siswa memiliki kesadaran tentang etika di rumah,
dan siswa memiliki kesadaran tentang etika di masyarakat.ABSTRAK
Haslindah. 2014, Studi Tentang Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa di MI
25 Lamasi Pantai Kabupaten Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Pembimbing I Drs. M. Amir Mula, M.Pd.I.
Pembimbing II Mawardi, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci: Penerapan, Pendidikan Karakter, Siswa.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Proses penerapan pendidikan
karakter pada siswa di MI 25 Lamasi Pantai Kabupaten Luwu; 2. Faktor yang
menghambat penerapan pendidikan karakter pada siswa di MI 25 Lamasi Pantai
Kabupaten Luwu; 3. Output dari penerapan pendidikan karakter pada siswa di MI 25
Lamasi Pantai Kabupaten Luwu.
Dalam konteks penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian
kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menguraikan pemecahan masalah
yang ada berdasarkan data, uji persyaratan data, dan interpretasi hasil penelitian.
Populasi dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan semua guru di MI 25
lamasi Pantai Kabupaten Luwu yang berjumlah 17. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 17 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
total sampling karena jumlah populasi yang sedikit (kurang dari 100).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Upaya yang dilakukan untuk
menerapkan pendidikan karakter pada siswa di MI 25 Lamasi Pantai Kabupaten
Luwu yaitu memberikan instruksi kepada semua guru di MI 25 Lamasi Pantai agar
menggunakan perangkat pembelajaran yang memuat nilai-nilai kurikulum
pendidikan berkarakter, bekerja sama dengan orang tua siswa dan meminta dukungan
dari tokoh masyarakat dan pemerintah setempat dalam membina karakter siswa; 2.
Faktor-faktor yang dapat menghambat penerapan pendidikan berkarakter pada siswa
di MI Lamasi Pantai Kabupaten Luwu yaitu masih ada sebahagian guru di MI
Lamasi Pantai Kabupaten Luwu yang belum memahami kurikulum pendidikan
berkarakter. Hal tersebut terbukti dari perangkat pembelajarannya yang masih
menggunakan kurikulum lama, faktor lingkungan keluarga yang tidak terlalu
memperhatikan karakter anak-anaknya, dan lingkungan masyarakat tempat siswa
tinggal yang tidak baik sehingga dapat mmpengaruhi karakter siswa; 3. Output dari
penerapan pendidikan berkarakter pada siswa di MI 25 Lamasi Pantai Kabupaten
Luwu ialah siswa dapat memahami pendidikan berkarakter, siswa memiliki
kesadaran tentang etika di sekolah, siswa memiliki kesadaran tentang etika di rumah,
dan siswa memiliki kesadaran tentang etika di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2023 05:40 |
Last Modified: | 15 May 2023 05:40 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6049 |
Actions (login required)
View Item |