PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DI SMPN 3 BUA KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU

Jafari, Hasma (2013) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DI SMPN 3 BUA KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hasma Jafari.pdf] Text
Hasma Jafari.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hasma Jafari, 2013 “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Melalui Teknik Lembar Kerja Siswa (LKS) di SMP Negeri 3 Bua
Kecamatan Bua Kabupaten Luwu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. Pembimbing (1) Nurdin K., M.Pd. (2) Hj. Fauziah
Zainuddin, S.Ag., M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran PAI, LKS.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pelaksanaan
pembelajaran PAI di SMPN 3 Bua, (2) mengetahui penerapan teknik LKS dalam
pembelajaran PAI di SMPN 3 Bua. Penelitian ini adalah penelitian kualitative
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 151 peserta didik. Teknik
sampling yang digunakan adalah Random sampling dengan jumlah sampel 30.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun data diolah dengan menggunakan teknik distribusi frekuensi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yakni: (1)Pelaksanaan
teknik Lembar Kerja Siswa (LKS) telah dilaksanakan oleh guru pendidikan agama
Islam di SMP Negeri 3 Bua, namun tidak setiap pertemuan dilaksanakan. Dalam
pemberian LKS sebagian besar peserta didik merasa senang dengan teknik tersebut.
Dalam penyelesaian LKS PAI guru senantiasa membimbing peserta didik. Tugas�tugas dalam LKS PAI dibuat menarik dan menantang serta mudah dimengerti atau
dikerjakan oleh sebagian peserta didik. Namun kadang pula susah dimengerti oleh
peserta didik yang lain, namun pada akhirnya semua peserta didik mampu
menyelesaikan semua tugas-tugas dalam LKS tersebut. (2) Penerapan teknik LKS
di SMP Negeri 3 Bua yakni guru menjelaskan materi pelajaran secara umum
kemudian membagikan LKS kepada peserta didik, kemudian guru PAI menjelaskan
cara menyelesaikannya. Selanjutnya peserta didik mengerjakan tugas-tugas dalam
LKS tersebut.
Penulis memberikan saran (1) Guru sebagai pelaku utama dalam pendidikan
di sekolah diharapakan senantiasa meningkatkan kemampuannya baik dalam
penguasaan materi pelajaran maupun teknik-teknik pengajaran sehingga apa yang
diajarkan dapat dicapai dan peserta didik mampu mendapatkan hasil belajar yang
baik. (2) Teknik LKS merupakan salah satu teknik pengajaran yang telah terbukti
dalam pelaksanaan pembelajaran PAI, maka disarankan kepada para guru agar
senantiasa menerapkan teknik tersebut dan membuat LKS yang baik, menarik dan
mampu memotivasi peserta didik dalam belajar sehingga memberikan hasil yang
maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 05:44
Last Modified: 15 May 2023 05:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6050

Actions (login required)

View Item View Item