ANALISIS PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MTs SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO

HASMITA, HASMITA (2022) ANALISIS PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MTs SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HASMITA.pdf] Text
HASMITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
HASMITA, 2022, Analisis Prestasi Belajar Matematika Pada Pembelajaran
Tatap Muka Terbatas Di MTs Satu Atap Datok Sulaiman
Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan Muhammad
Ihsan.
Prestasi belajar merupakan hasil dari sebuah aktivitas pembelajaran, salah
satunya yaitu aktivitas pembelajaran matematika pada tatap muka terbatas.
Pembelajaran matematika tatap muka terbatas di sekolah tentunya sangat penting,
karena pada dasarnya matematika selalu berdampingan dalam kehidupan sehari�hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi prestasi belajar
matematika pada Pembelajaran tatap muka terbatas di MTs Satu Atap Datok
Sulaiman Palopo, dampak prestasi pembelajaran matematika pada Pembelajaran
tatap muka erbatas di MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. Faktor-faktor yang
memengaruhi prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran tatap muka
terbatas di MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo.
Jenis penelitan ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek
dalam penelitian adalah siswa VII A. teknik pengumpulan data ada 2 yaitu,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Prestasi belajar matematika
siswa di MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo dapat kita ukur melalui nilai
raport siswa untuk mata pelajaran matematika untuk semua siswa. Hasil penilaian
guru kepada semua siswa pada pembelajaran daring menunjukkan semua siswa
telah mencapai nilai KKM begitupun dengan pembelajaran tatap muka terbatas
akan tetapi pada pembelajaran tata muka terbatas mengalami peningkatan prestasi
belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran hasil belajar siswa
meningkat. 2. Dampak prestasi belajar dapat dilihat dari Hasil penilaian guru
selama satu semester yang dapat dilihat melalui nilai raport siswa menunjukkan
bahwa pada proses pembelajaran daring prestasi belajar siswa menurun
disebabkan guru tidak dapat memantau secara langsung sehingga guru sulit untuk
memberikan penilaian, berbeda dengan proses pembelajaran tatap muka terbatas
prestasi belajar meningkat hal ini disebabkan keseriusan siswa dalam belajar dan
siswa mudah memahami materi yang diajarkan. 3.Prestasi belajar siswa dapat
dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor lain juga yang
berpengaruh adalah faktor pendekatan belajar dimana siswa mampu memilih
strategi dan metode agar dapat melukan kegiatan pembelajaran materi denga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 May 2023 06:16
Last Modified: 15 May 2023 06:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6054

Actions (login required)

View Item View Item