Yanto, Hendri (2012) APLIKASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE INQUIRI PADA BIDANG STUDI PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X.6 DI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Hendri Yanto.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Yanto, Hendri. 2011. Aplikasi Pembelajaran Kontekstual (CTL) dengan Metode
Inquiri Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X.6 di SMA Negeri 4
Palopo. Pembimbing I., Sukirman, S.S., M.Pd dan Pembimbing II.,
Munir Yusuf, S.Ag., M.Pd
Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual (CTL), Metode Inkuiri, Pendidikan
Agama Islam, Prestasi Belajar
Skripsi ini membahas tentang penerapan pembelajaran kontekstual (CTL)
dengan metode inkuiri yang yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan penguasaan PAI khususnya pada
materi sumber hukum islam dan dakwah Rasulullah Saw periode Mekkah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus,
yaitu pada siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan 1 kali tes setiap akhir siklus, pada
siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan dan 1 kali tes setiap akhir siklus. Subyek dari
penelitian ini adalah siswa kelas X.6 SMA Negeri 4 Palopo, yang berjumlah 17
orang yaitu 12 perempuan dan 5 laki-laki. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes
dan observasi. Data dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif yaitu pada nilai awal
diperoleh nilai rata-rata adalah 54,82 berada pada kategori cukup. Skor rata-rata
siswa pada siklus I diperoleh adalah 66,29 berada pada kategori baik, dan secara
klasikal mencapai 70,6% namun belum memenuhi. Pada siklus II skor rata-rata
diperoleh adalah 76,59 berada pada kategori baik, dan ketuntasan secara klasikal
mencapai 82,4% dan sudah memenuhi.
Data dari hasil observasi dianalisis secara kualitatif yaitu kehadiran siswa
pada siklus I yaitu 94,1% meningkat pada siklus II menjadi 95,6% Siswa yang
memperhatikan penjelasan guru pada siklus I yaitu 84,2% meningkat pada siklus II
menjadi 90,2%. Jumlah siswa mengajukan pertanyaan pada siklus I yaitu 27,5%
meningkat pada siklus II menjadi 88,2%. Siswa yang mengerjakan PR pada siklus I
yaitu 83,75% meningkat pada siklus II menjadi 94,1%.
Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran
kontekstual (CTL) dengan metode Inquiri pada bidang studi PAI dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X.6 di SMA Negeri 4 Palopo, berjalan
lancar sebagaimana yang diharapkan. Penerapan metode inquiri dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2023 06:37 |
Last Modified: | 15 May 2023 06:37 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6058 |
Actions (login required)
View Item |