Sartika, Hira (2011) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH AL-IKHLAS TAMUKU KECAMATAN BONE- BONE KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Hira Sartika.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hirasartika, 2011, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak
Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Tamuku Kecamatan Bone-Bone Kabupaten
Luwu Utara. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
STAIN Palopo Pembimbing (I) Sukirman Nurdjan., S.S., M.Pd., Pembimbing
(II). Kaharuddin. S.Ag., M.Pd.I
Kata Kunci: Peran, guru, Pendidikan, Agama, Islam, Pembinaan, Akhlak
Skripsi ini meneliti dua buah permasalahan pokok yaitu : (1) Bagaimana
peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di Madrasah
Tsanawiyah Al-Ikhlas Tamuku Kec. Bone-Bone Kab. Luwu Utara? (2) Upaya-upaya
apakah yang ditempuh oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak
siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Tamuku Kec. Bone-Bone Kab. Luwu
Utara?
Kedua permasalahan tersebut diuraikan berdasarkan penemuan deskriptif’
dengan pendekatan kuantitatif Berdasarkan hal itu, diperoleh berbagai kecenderungan
dan kenyataan yang positif menyangkut peran guru Pendidikan Agama Islam dalam
pembinaan akhlak siswa.
Dalam penyelesaian skripsi ini, penulis menggunakan metode pengumpulan
data dengan dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan yang mana pada
tahap pelaksanaan ini ditempuh dengan cara observasi. Angket, wawancara dan
dokumentasi sebagai pelengkap.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II di Madrasah
Tsanawiyah Al-Ikhlas Tamuku Kec. Bone-Bone Kab. Luwu Utara dengan jumlah
keseluruhan 194 orang, sedangkan sampel yang di ambil adalah sebanyak 70 orang
dan kelas II di madrasah tsanawiyah Al-Ikhlas Tamuku Kec. Bone-Bone dengan
alasan bahwa mereka adalah siswa yang telah memiliki pengalaman lebih banyak dan
menjadi contoh untuk semuanya.
Hasil penelitian didapatkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam
sangat signifikan dalam membina akhlak siswa. Begitu juga dengan guru bidang studi
lain dan pihak-pihak yang ikut terkait dalam proses pendidikan. Dan adapun upaya�upaya yang ditempuh dalam pembinaan tersebut adalah dengan memberikan bahan
ajar Pendidikan Agama Islam secara manual. Dengan cara ini, siswa diajak untuk
mengenalkan ajaran agama tersebut dengan benar dan dibiasakan secara terus
menerus dan dengan beberapa strategi pengembangan model pembinaan akhlak serta
hal-hal yang dapat membantu siswa dalam proses pendidikan (sarana pendidikan).
Jadi sesuai dengan hasil penelitian yang penulis lakukan menyatakan bahwa Peran
Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di madrasah
tsanawiyah Al-Ikhlas Tamuku Kec. Bone-Bone adalah dinilai positif dengan nilai
rata-rata 96,67 % yang berada pada rentang nilai 76 % - 100 % sesuai dengan
pengkategorian pada bab III.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2023 06:57 |
Last Modified: | 15 May 2023 06:57 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6064 |
Actions (login required)
View Item |