ANALISIS KUALITAS BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PADA BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI DI KELAS VII MTs. BABURRAHMAN LARA 1

Ya'ti, Ilma (2012) ANALISIS KUALITAS BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PADA BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI DI KELAS VII MTs. BABURRAHMAN LARA 1. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ilma Ya'ti.pdf] Text
Ilma Ya'ti.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ilma Ya’ti. 2011, Analisis Kualitas Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung
Bilangan Bulat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mandiri di Kelas VII
MTs. Baburrahma LaraI Lutra. Skripsi, program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN)
Palopo. Pembimbing (1) Drs. Abdul Muin Razmal, M.Pd (2) Nursupiamin,
M.Si
Kata kunci : Belajar Matematika tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui
Penerapan model Pembelajaran Mandiri
Skripsi ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimen , dengan menganalisis
kualitas belajar “membahas kualitas belajar siswa melalui operasi hitung bilangan
bulat melalui penerapan model pembelajaran mandiri. Di lelas VII MTs. Baburrahma
Lara1 Lutra.
Dalam penelitian ini, penyusun mempergunakan metode penelitian yaitu
Library Research (kepustakaan) dan Field Research (penelitian lapangan) dalam hal
ini penelitian data dalam bentuk angket dan wawancara terhadap kepala sekolah,
tokoh masyarakat dan para siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah
menggambarkan bagaimana penerapan model pembelajaran mandiri tentang operasi
hitung bilangan bulat dan untuk mengetahui persepsi tentang model pembelajaran
mandiri tentang opersai bilangan pada bulat di kelas VII MTs. Baburrahma Lara1. .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar dengan model pembelajaran
mandiri dapat memmudahkan memahami belajar matematika memiliki skor skala
liket 75% skor angket 19%, menumbuhkan kecintaan skor skala 80% dan skor angket
37,14%. Bagus diterapkan di baburrahma lara1 skor skala 85% dan skor angket
28,23%. Terdorong untuk belajar matematika skor skala 63% dan skor angket
46,54%. Sering digunakan dalam belajar matematika skor skala 85% dan skor angket
28,99%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 07:14
Last Modified: 15 May 2023 07:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6069

Actions (login required)

View Item View Item