Mayasari, Ira (2011) PERANAN MANAJEMEN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN No. 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Ira Mayasari.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ira Mayasari 2011, Peranan Manajemen Sekolah terhadap Perkembangan Mutu
Pendidikan di SDN No. 24 Temmalebba Kota Palopo. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1) Drs. Nurdin K, M.Pd. Pembimbing
(2) Muhammad Irfan Hasanuddin, M.A.
Kata Kunci: Manajemen Sekolah, Mutu Pendidikan
Skripsi ini membahas tentang peranan manajemen sekolah terhadap
perkemba;ngan mutu pendidikan di SDN No. 24 Temmalebba Kota Palopo.
Penelitian ini mengangkat rumusan masalah 1) Bagaimana peranan manajemen
sekolah terhadap perkembangan mutu pendidikan di SDN No. 24 Temmalebba Kota
Palopo. 2) bagaimana hambatan yang dihadapi dalam mengembangkan mutu
pendidikan di SDN No. 24 Temmalebba Kota Palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif�Kualitatif dengan menjadikan kepala sekolah dan seluruh guru SDN No. 24
Temmalebba sebagai populasi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak
1 sampel kepala sekolah dan sampel guru sebanyak 20 guru yang diambil acak
(random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini adalah angket,
catatan observasi dan pedoman wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik tabulasi dan persentase dan teknik induktif dan deduktif.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1] Peran pimpinan sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan pada SDN No. 24 Temmalebba Kecamatan Bara
Kota Palopo, antara lain: a] menegaskan kedisiplinan waktu dan ketepatan jadwal
mengajar para guru, b] menegakkan kedisiplinan waktu dan ketepatan jadwal
mengajar para guru merupakan upaya pertama yang dilakukan pimpinan dalam upaya
peningkatan efektifitas proses belajar mengajar, c] melengkapi sarana dan prasarana
serta meningkatkan sumber daya manusia para guru, d] melakukan pemantauan atau
pengawasan terhadap proses jalannya pembelajaran, e] melakukan koordinasi dan
komunikasi dengan pihak guru-guru, f] melakukan penataan Kurikulum, 2]
Hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan antara lain yakni: a]
kurangnya kerja sama yang baik antara pengajar, b] kurangnya sarana pembelajaran
(perpustakaan), c] mutu input (siswa) yang rendah, d] minimnya pendidikan
tambahan bagi guru, d] rendahnya kepedulian pada adminsitrasi pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 16 May 2023 01:49 |
Last Modified: | 16 May 2023 01:49 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6088 |
Actions (login required)
View Item |