PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 24 TEMMALEBBA

Syarifuddin, Irawati (2011) PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 24 TEMMALEBBA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Irawati Syarifuddin.pdf] Text
Irawati Syarifuddin.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Irawati S., 2012,“Pengaruh Iklim Sekolah Terhaap Prestasi Belajar Matematika
Siswa Kelas V SDN 24 Temmalebba”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs. Hasbi, M. Ag., Pembimbing (II)
Nursupiamin, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Pengaruh Iklim Sekolah, Prestasi Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang adanya pengaruh antara Iklim Sekolah siswa
terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 24 Temmalebba. Penelitian
ini merupakan penelitian expost- facto. Dimana populasi penelitian ini adalah siswa
kelas V SDN 24 Temmalebba yang berjumlah 70 siswa, terdiri dari 2 kelas. Adapun
teknik pengambilan sampel yaitu totaling sampling, dimana jumlah sampelnya
berjumlah 70 orang siswa masing-masing 35 orang kelas V A dan 35 orang kelas V
B. Bentuk instrument yang digunakan berupa angket dengan skala Likert serta
dokumentasi yang berupa nilai rata-rata rapor siswa. Untuk analisis kuantitatif
digunakan statistik deskriptif, diolah secara manual dan menggunakan program SPSS
11.5.
Hasil penelitian dekriptif menunjukkan bahwa iklim sekolah siswa kelas V
SDN 24 Temmalebba nilai rata-rata (mean) 52,85. Standar deviasi 5,92. Sedangkan
skor maksimum 65 dan skor minimum 38. Dengan distribusi persentase iklim
sekolah siswa kelas V SDN 24 Temmalebba adalah 0% termasuk kategori sangat
rendah, 65,8% termasuk kategori rendah, 31,4% termasuk kategori sedang, 2,8%
termasuk kategori tinggi. Sedangkan untuk Prestasi Belajar Matematika siswa kelas
V SDN 24 Temmalebba memperoleh nilai rata-rata (mean) 76,54, standar deviasi
5,12; skor maksimum 87; skor minimum 70. Distribusi persentase Prestasi Belajar
Matematika siswa kelas V SDN 24 Temmalebba adalah 10% termasuk kategori
sedang, 90% termasuk kategori tinggi, 10% termasuk kategori sangat tinggi. Hasil
analisis Inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat rendah antara
variabel X danVariabel Y. Sumbangan yang diberikan oleh variabel X terhadap
variabel Y hanya 2%, terlihat dari nilai R squarenya 0,02.
Jadi kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel
X yaitu iklim sekolah dalam belajar matematika terhadap variabel Y yaitu Prestasi
Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 16 May 2023 01:56
Last Modified: 16 May 2023 01:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item View Item