STRATEGI PEMULIHAN PENDAPATAN UMKM SEKTOR KULINER AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI PELATARAN BELOPA

ARNITA, ARNITA (2022) STRATEGI PEMULIHAN PENDAPATAN UMKM SEKTOR KULINER AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI PELATARAN BELOPA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ARNITA.pdf] Text
ARNITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Arnita, 2022. “Strategi Pemulihan Pendapatan UMKM Sektor Kuliner Akibat
Pandemi Covid-19 di Pelataran Belopa”. Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Edi Indra Setiawan.
Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu bagaimana strategi pemulihan
pendapatan UMKM yang terdampak Pandemi dan mengukur seberapa besar
pengaruh Peraturan Pemerintah terhadap Penurunan Pendapatan UMKM sektor
Kuliner di Pelataran Belopa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran
(mix methods), yaitu penelitian yang menggunakan Penelitian Kuantitatif dan
Kualitatif dalam satu Penelitian. Aanalisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan
untuk data Kualitatif serta menggunakan Triangulasi Sumber untuk keabsahan data
dan menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana untuk data Kuantitatif.
Dimana dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner dengan 30 respoden serta menggunakan wawancara dan Observasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Peraturan Pemerintah berdampak pada aktivitas
pemasaran kedai-kedai di lokasi Pelataran Belopa sehingga memerlukan Strategi
Pemulihan pendapatan, yang dilakukan dengan menerapkan strategi bauran
pemasaran. Strategi produk yang diterapkan kedai usaha di Pelataran Belopa adalah
strategi produk baru dan strategi produk yang sudah ada. Dimana penentuan harga
yang diberlakukan adalah penerapan harga melalui keputusan bersama yang
disesuaikan dengan daya beli konsumen. Dimana dsitribusi produknya dilakukan
langsung oleh produsen ke konsumen dan melalui kurir serta reseller. Strategi
promosi yang diterapkan adalah periklanan melalui media online seperti facebook
dan whatsapp, serta menerapkan penjualan dengan system reseller. Serta Peraturan
Pemerintah berpengaruh secara signifikan terhadap Penurunan Pendapatan UMKM
sektor kuliner di Pelataran Belopa dengan melihat nilai Thitung>Ttabel yaitu 5,323>
2,462, serta hasil uji regresi linear sederhana yang mendapatkan nilai koefisien
sebesar 17,74, serta nilai sig. pada 0,000 dan koefisien determinasi yang mencapai
50,3%.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran 4P, Peraturan Pemerintah, Penurunan Pendapatan,
Strategi Pemulihan Pendapatan.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 May 2023 06:40
Last Modified: 16 May 2023 06:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item View Item