Istanto (2010) HUBUNGAN PAI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI MTs BUSTANUL ULUM SUKAMAJU KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Istanto.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Istanto, 2011. Hubungan PAI dengan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Bustanul
Ulum Sukamaju Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara, Skripsi
Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing (1)
Drs. Hasri, M.A., Pembimbing (II), Dra. Fatmaridah Sabani, M.Ag.
Kata Kunci: PAI dan Pendidikan Karakter Siswa
1. Skrispsi ini meneliti tentang hubungan PAI dengan pendidikan
karakter siswa di MTs Bustanul Ulum Sukamaju Kecamatan Sukamaju Kabupaten
Luwu Utara. Penelitian ini menjawab tiga pertanyaan penelitian yakni: Bagaimana
gambaran pelaksanaan pendidikan Islam di MTs Bustanul Ulum di Kecamatan
Sukamaju, 2] Bagaimana pendidikan karakter dalam materi Pendidikan Agama Islam
di MTs Bustanul Ulum di Kecamatan Sukamaju, 3] Usaha-usaha apakah yang
ditempuh untuk meningkatkan pendidikan karakter di MTs Bustanul Ulum di
kecamatan Sukamaju.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian deksritif
kualitatif yaitu berusaha menguraikan pemecahan masalah yang ada berdasarkan
teknik deskriptif analitis. Untuk memudahkan penelitian ini, peneliti menggunakan
pendekatan paedagogis dan pendekatan psikologis,
Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan sebagai berikut:1]
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Bustanul Ulum di Kecamatan Sukamaju terencana ke dalam tiga tahap pelaksanaan
yakni a] perencanaan meliputi pembuatan RPP, pengkajian bahan pengajaran,
metode, media dan sebagainya, b] pelaksanaan pembelajaran PAI meliputi
penggunaan apersepsi, menjelaskan inti dan materi pelajaran dengan menggunakan
media, metode dan strategi pengajaran, c] pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan
menggunakan test sebagai alat evaluasi, 2]Pendidikan karakter yang dikembangkan
melalui materi pelajaran pendidikan Agama Islam yakni: a] pendidikan disiplin dan
kejujuran melalui pelaksanaan shalat, pemeriksaan latihan-latihan dan kantin
kejujuran, b] pendidikan tanggung jawab melalui pelaksanaan tugas-tugas sekolah,
kebersihan di dalam kelas dan pekerjaan tugas PR, dan c] pendidikan menghormati
dan menghargai orang lain dengan cara menerima kelebihan dan kekurangan orang
lain, dan menerima pendapat dan kritikan orang lain, dan 3] Hubungan antara PAI
dengan pendidikan karakter dapat dilihat pada dua hungan yakni; a] PAI sebagai
sumber, dasar dan landasan moral dan etik pendidikan karkter dan b] Pendidikan
karakater merupakan implementasi dari Pendidikan Agama Islam dalam bentuk yang
lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 16 May 2023 07:16 |
Last Modified: | 16 May 2023 07:16 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6097 |
Actions (login required)
View Item |