Jida, Jida (2011) KORELASI KETELADANAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK ANAK DIDIK DI KELAS VIII MTs SULI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Jida.pdf
Download (1MB)
Abstract
A B S T R A K 
Jida, 2011. Pengaruh Keteladanan Guru Tehadap Perkembangan Akhlak Anak 
Didik Di Kelas VIII MTs. Suli. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama 
Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd., 
(II) Drs. Syahruddin, M.H.I. 
Kata Kunci : Keteladanan Guru dan Perkembangan Akhlak Anak Didik. 
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Keteladanan Guru terhadap 
Perkembangan Akhlak Anak Didik di Kelas VIII MTs. Suli. 
Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1). 
Adakah pengaruh signifikan keteladanan guru terhadap perkembangan akhlak anak 
didik. 2). Apa langkah-langkah yang ditempuh oleh guru dalam upaya pembinaan 
akhlak anak didik di kelas VIII MTs Suli. 
Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif yang bersifat expost facto yakni 
penelitian yang berusaha menentukan pemecahan masalah yang ada sekarang 
berdasarkan data-data, menyajikan data dan menganalisis data, untuk memperoleh 
hasil penelitian yang lebih terarah, maka penelitian ini disusun melalui tiga tahap, 
yaitu (1) tahap persiapan menyangkut tentang penyusunan proposal dan pembuatan 
instrumen, (2) tahap pengumpulan data berkaitan dengan penyebaran angket serta 
pengurusan surat izin penelitian, (3) tahap pengolahan data menyangkut 
pengklasifikasian data dan penyusunan hasil penelitian, yang selanjutnya 
dideskripsikan sebagai hasil laporan penelitian. 
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana 
pengaruh keteladanan guru terhadap perkembangan akhlak anak didik. 2). Untuk 
mengetahui apa langkah-langkah yang ditempuh oleh guru dalam upaya pembinaan 
akhlak anak didik di kelas VIII MTs Suli 
 Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa koefisien korelasi 
keteladanan guru terhadap perkembangan akhlak anak didik kelas VIII MTs. Suli 
Kab. Luwu adalah 0.110 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa 
keteladanan guru terhadap perkembangan akhlak anak didik adalah sedang atau 
cukup. Oleh karena itu, guru harus berupaya agar tetap mempertahankan serta 
meningkatkan keteladanannya agar akhlak anak didik lebih meningkat
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 17 May 2023 01:22 | 
| Last Modified: | 17 May 2023 01:22 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6102 | 
