KORELASI KETELADANAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK ANAK DIDIK DI KELAS VIII MTs SULI

Jida, Jida (2011) KORELASI KETELADANAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK ANAK DIDIK DI KELAS VIII MTs SULI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Jida.pdf] Text
Jida.pdf

Download (1MB)

Abstract

A B S T R A K
Jida, 2011. Pengaruh Keteladanan Guru Tehadap Perkembangan Akhlak Anak
Didik Di Kelas VIII MTs. Suli. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd.,
(II) Drs. Syahruddin, M.H.I.
Kata Kunci : Keteladanan Guru dan Perkembangan Akhlak Anak Didik.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Keteladanan Guru terhadap
Perkembangan Akhlak Anak Didik di Kelas VIII MTs. Suli.
Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1).
Adakah pengaruh signifikan keteladanan guru terhadap perkembangan akhlak anak
didik. 2). Apa langkah-langkah yang ditempuh oleh guru dalam upaya pembinaan
akhlak anak didik di kelas VIII MTs Suli.
Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif yang bersifat expost facto yakni
penelitian yang berusaha menentukan pemecahan masalah yang ada sekarang
berdasarkan data-data, menyajikan data dan menganalisis data, untuk memperoleh
hasil penelitian yang lebih terarah, maka penelitian ini disusun melalui tiga tahap,
yaitu (1) tahap persiapan menyangkut tentang penyusunan proposal dan pembuatan
instrumen, (2) tahap pengumpulan data berkaitan dengan penyebaran angket serta
pengurusan surat izin penelitian, (3) tahap pengolahan data menyangkut
pengklasifikasian data dan penyusunan hasil penelitian, yang selanjutnya
dideskripsikan sebagai hasil laporan penelitian.
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana
pengaruh keteladanan guru terhadap perkembangan akhlak anak didik. 2). Untuk
mengetahui apa langkah-langkah yang ditempuh oleh guru dalam upaya pembinaan
akhlak anak didik di kelas VIII MTs Suli
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa koefisien korelasi
keteladanan guru terhadap perkembangan akhlak anak didik kelas VIII MTs. Suli
Kab. Luwu adalah 0.110 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa
keteladanan guru terhadap perkembangan akhlak anak didik adalah sedang atau
cukup. Oleh karena itu, guru harus berupaya agar tetap mempertahankan serta
meningkatkan keteladanannya agar akhlak anak didik lebih meningkat

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 01:22
Last Modified: 17 May 2023 01:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6102

Actions (login required)

View Item View Item