FUNGSI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS EMBELAJARAN PADA MTs. NURUL ISLAM KECAMATAN MAPPIDECENG KABUPATEN LUWU UTARA

Sulistyoari, Joni (2011) FUNGSI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS EMBELAJARAN PADA MTs. NURUL ISLAM KECAMATAN MAPPIDECENG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Joni Sulistyoari.pdf] Text
Joni Sulistyoari.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Jonisulistyoari, 2011. Fungsi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran Pada MTs. Nurul Islam Kecamatan Mappideceng Kabupaten
Luwu Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusa
Tarbiyah STAIN Palopo. Pembimbing I: Dr. Abdul Pirol M.Ag.
Pembimbing II: Muh. Irfan Hasanuddin, S.Ag., M.A.
Kata Kunci : Kepala Madrasah, Kualitas Pembelajaran
Skripsi ini membahas Fungsi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran Pada MTs. Nurul Islam Kecamatan Mappideceng Kabupaten Luwu
Utara, berangkat dari permasalahan yaitu: 1) Bagaimana kepemimpinan Kepala
Madrasah pada MTs. Nurul Islam Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara?
2) Bagaimana kualitas pembelajaran pada MTs. Nurul Islam Kecamatan
Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara? dan 3) Apa upaya yang dilakukan kepala
madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada MTs. Nurul Islam
Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara? Tujuan Penelitian yaitu: 1) Untuk
mengetahui kepemimpinan Kepala MTs. Nurul Islam Kecamatan Mappedeceng
Kabupaten Luwu Utara. 2) Untuk mengetahui kualitas pembelajaran pada MTs.
Nurul Islam Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara 3) Untuk mengetahui
upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
pada MTs. Nurul Islam Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara.
Untuk memperoleh data di lapangan, peneliti mengumpulkan data dengan
metode penelitian yaitu observasi, dengan instrumen wawancara dan angket. Data
yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif, interpretatif
maupun korelatif
Hasil penelitian disimpulkan bahwa peran utama kepala madrasah di MTs
Nurul Islam yaitu, sebagai: pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin,
pencipta iklim kerja, dan wirausahawan. Kepemimpinan Kepala sekolah/madrasah
dalam lingkup MTs Nurul Islam adalah tipe Kepemimpinan Demokratis dengan
alasan mendasar bahwa hasil atau tujuan untuk mendapatkan kualitas pembelajaran
dapat dicapai kalau ada partisipasi yang aktif dari semua anggota didalamnya.
Kualitas Pembelajaran di MTs Nurul Islam sedikit meningkat dengan pengukuran
angka tingkat kelulusan dan nilai standar siswa dalam UAN (Ujian Akhir Nasional)
meningkat dan tingkat motivasi belajar siswa dan guru dalam mengajar sangat bagus.
Untuk mencapai kualitas pembelajaran di MTs. Nurul Islam Kepala Madrasah
menggunakan strategi di tingkat kelembagaan Sekolah dan melibatkan individu Guru
yang berkaitan pada kinerja profesional guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 01:28
Last Modified: 17 May 2023 01:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6103

Actions (login required)

View Item View Item