PENGARUH PERSEPSI, PENGETAHUAN, DAN RELIGIUSITAS NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN PADA BSI CABANG TOMONI

SAPUTRI, INDRIANI KURNIA (2022) PENGARUH PERSEPSI, PENGETAHUAN, DAN RELIGIUSITAS NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN PADA BSI CABANG TOMONI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of INDRIANI KURNIA SAPUTRI.pdf] Text
INDRIANI KURNIA SAPUTRI.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Indriani Kurnia Saputri, 2022. “Pengaruh Persepsi Pengetahuan dan
Religiusitas Nasabah Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Tabungan Pada
BSI Cabang Tomoni ”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibawah
bimbingan Jibria Ratna Yasir, SE., M.Si.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi
pengetahuan dan religiusitas terhadap keputusan menggunakan produk tabungan
pada BSI cabang tomoni baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Teknik
pengumpulan datanya yaitu dengan metode kuisioner. Sampel yang diteliti yakni
sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow. Untuk
pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik.
Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan metode analisis regresi
linear berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel. Dan
untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, uji f dan determinasi
Rsquare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi (X1),
pengetahuan (X2), dan religiusitas (X3) secara simultan berpengaruh terhadap
keputusan menggunakan produk tabungan pada BSI cabang Tomoni (Y). dari
perhitungan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel persepsi, pengetahuan,
dan religiusitas berpengaruh terhadap variabel keputusan penggunaan dan pada uji
f diperoleh fhitung = 67,371 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu
nilai Adjusted R2 sebesar 0,678 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas
terhadap variabel terikat adalah 67,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Persepsi, Pengetahuan, Religiusitas, Keputusan Penggunaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 17 May 2023 01:43
Last Modified: 17 May 2023 01:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6106

Actions (login required)

View Item View Item