PERAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID MI DARUL ISTIQAMAH LEPPANGANG

Jusnaeni, Jusnaeni (2012) PERAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID MI DARUL ISTIQAMAH LEPPANGANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Juznaeni.pdf] Text
Juznaeni.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Juznaeni, 2010. “Peran Penggunaan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam Murid MI Darul Istiqamah Leppangang”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo Pembimbing (I) Dra. Hj. Ramlah M,
MM dan Pembimbing (II) Nursaeni, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci: Alat Peraga, Prestasi Belajar Murid
Skripsi ini membahas tentang peran penggunaan alat peraga terhadap
prestasi belajar pendidikan agama Islam murid MI Darul Istiqamah Leppangang.
penelitian ini menyajikan permasalahan yang akan dibahas, yakni 1). Pengaruh alat
peraga dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam murid MI Darul
Istiqamah Leppangang, dan 2). Hambatan yang dialami guru dan cara mengatasinya
dalam menggunakan alat peraga dalam meningkatkan prestasi belajar murid di MI
Darul Istiqamah Leppangang.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1).
Observasi, atau kegiatan yang dilakukan penulis mengadakan pengamatan langsung
terhadap obyek penelitian yang ada. 2) Interview, atau suatu instrumen penelitian
melalui pendekatan individu, 3) Angket, di mana penulis menyiapkan daftar
pertanyaan yang diberikan kepada semua responden. Kemudian selanjutnya
keseluruhan data tersebut dianalisis secara kuantitatif, data yang dikumpulkan dan
diolah secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana
kemudian hasil olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa dan
memberikan gambaran mengenai pengaruh alat peraga dengan peningkatan prestasi
belajar murid dan hasil analisis berbentuk tabel frekuensi dan tabel persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan upaya peningkatan prestasi belajar murid
dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern yang dapat mendukung sehingga guru akan
mudah menerapkan ilmunya kepada murid dan sebaliknya murid akan senang dan
mudah menerima ilmu yang diajarkan. Peningkatan prestasi murid sangat bergantung
kepada sejauh mana pihak sekolah menyediakan fasilitas alat peraga di sekolah dan
yang terpenting adalah peranan guru sebagai seorang pendidik dan pengajar dalam
mengelolah kelas, sehingga tidak terkesan kaku, tetapi dituntut bagaimana seorang
guru menciptakan suasana belajar yang baik, tenang dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 02:10
Last Modified: 17 May 2023 02:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6111

Actions (login required)

View Item View Item