ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG GURU DALAM EMBIASAKAN SISWA MELAKSANAKAN IBADAH SHOLAT DI MI NO. 26 BATUSITANDUK KEC. WALENRANG UTARA KAB. LUWU

Adriani, Lusi (2013) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG GURU DALAM EMBIASAKAN SISWA MELAKSANAKAN IBADAH SHOLAT DI MI NO. 26 BATUSITANDUK KEC. WALENRANG UTARA KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Lusi Adriani.pdf] Text
Lusi Adriani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Adriani, Lusi, 2012. “Analisis Faktor Penghambat dan Pendukung Guru dalam
Membiasakan Siswa Melaksanakan Ibadah Sholat di MI No. 26
Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs. Hisban Thaha, M.Ag.
Pembimbing (II) Hj. Fauziah Zainuddin, S.Ag., M.Ag.,
Kata Kunci : Faktor Penghambat dan Pendukung, Ibadah Sholat, Siswa MI
No. 26 Batusitanduk

Skripsi ini membahas tentang analisis faktor penghambat dan pendukung
guru dalam membiasakan siswa melaksanakan ibadah sholat di MI No. 26
Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu, di mana penelitian ini memadukan
berbagai macam metode yang ingin mengkaji dengan menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dan pada saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki
persepsi, penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan
persepsi tersebut terhadap semua aspek kegiatan pembinaan sholat bagi siswa di
sekolah tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor penghambat guru dalam
membiasakan peserta didik melaksanakan ibadah sholat, (2) mengetahui faktor
pendukung guru dalam membiasakan peserta didik melaksanakan ibadah sholat, dan
(3) mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam membiasakan peserta didik
melaksanakan ibadah sholat. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan
data yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari
objek yang dikaji, yakni 1) Observasi, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan
di lapangan dengan jalan pengamatan dan pencatatan. 2) Interview, yaitu suatu teknik
pengumpulan data dengan jalan mengadakan wawancara atau tanya jawab kepada
pihak-pihak yang terkait dalam memberi data. 3) Angket, yaitu teknik pengumpulan
data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan
tertulis kepada responden untuk dijawab.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor penghambat
merupakan hal yang tidak boleh dikesampingkan dalam pembinaan ibadah sholat
para siswa, sebab faktor ini sangat berdampak buruk bagi kelanjutan pribadi siswa,
beberapa faktor yang ada yakni: a). Rasa simpati yang kurang kepada siswa, b).
Emosi yang labil pada siswa, serta c). Sifat dengki pada siswa. Masalah pembinaan
ibadah sholat adalah pembentukan sikap mental pada diri manusia yang tercermin di
dalam perbuatan dan tingkah lakunya. Dalam hal ini penerapan bimbingan dan
penyuluhan Islam dalam pembinaan keagamaan selalu difokuskan, mengarah kepada
tujuan yang ingin dicapai. Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak bagi siswa
adalah: membina emosi anak, perhatian dan pengarahan yang baik, menanamkan
taqwa dalam jiwa siswa, serta melakukan kerjasama dengan orang tua anak..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X4.12 Shalat, Sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 02:44
Last Modified: 17 May 2023 02:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item View Item