Marliani, Marliani (2011) KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR ENGGUNAKAN ALAT PERAGA VISUAL DENGAN YANG DIAJAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA AUDITIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MALANGKE BARAT. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Marliani.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
MARLIANI., 2011., Komparasi Prestasi Belajar Matematika yang Diajar
Menggunakan Alat Peraga Visual dengan yang Diajar Menggunakan Alat
Peraga Auditif pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri
3 Malangke Barat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika,
Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (I) Drs. Syamsu Sanusi M.Pd.I, Pembimbing (II) Drs.
Nasaruddin M.Si.
Skripsi ini membahas tentang prestasi belajar matematika yang diajar
menggunakan alat peraga visual, prestasi belajar matematika yang diajar
menggunakan alat peraga auditif serta perbedaan antara prestasi belajar matematika
yang diajar menggunakan alat peraga visual dengan yang diajar menggunakan alat
peraga auditif pada materi bangun ruang siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malangke
Barat.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok
yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar
menggunakan alat peraga visual sedangkan kelompok kontrol diajar menggunakan
alat peraga auditif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Malangke Barat tahun ajaran 2011-2012. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah cluster random sampling sehingga terpilih dua kelas menjadi
sampel penelitian.Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui
perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan alat peraga
visual dengan yang menggunakan alat peraga auditif pada materi bangun ruang sisi
datar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif
dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan nilai
prestasi belajar matematika siswa, sedangkan statistik inferensial digunakan untuk
pengujian hipotesis penelitian.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar
matematika siswa yang menggunakan alat peraga visual berada pada kategori baik
dengan nilai rata- rata 76, 63, median 75, modus 65 dan didukung oleh standar
Deviasi 14, 25. Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan alat peraga
auditf berada pada kategori cukup dengan nilai rata- rata 59, 09, median 53, modus 50
dan didukung oleh standar Deviasi 12, 59. Sedangkan hasil statistik inferensial
diperoleh thitung > ttabel yang menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang
diajar menggunakan alat peraga visual dengan yang diajar menggunakan alat peraga
auditif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 17 May 2023 05:34 |
Last Modified: | 17 May 2023 05:34 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6120 |
Actions (login required)
View Item |