Marna, Marna (2011) KETERKAITAN PEMBINAAN AKHLAK DALAM KELUARGA BAGI ANAK DAN PENGAJARAN PAI DI SDN 359 WONOSARI KEC. KAMANRE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Marna.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
M a r n a. 2011, Keterkaitan Pembinaan Akhlak dalam Keluarga bagi Anak
dengan Pengajaran PAI di SDN 359 Wonosari. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah Pembimbing
(1) Dra. Hj. Ramlah M.,M.M. (2) Wisran.,S.S.M.Pd.
Kata Kunci : Keterkaitan, Pembinaan Akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hubungan
pembinaan akhlak dalam keluarga bagi anak dengan pengajaran PAI di SDN 359
Wonosari; (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak
di SDN 359 Wonosari; (3) Bagaimana kiat-kiat guru dalam menghadapi
permasalahan tersebut.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan pengamatan
berperan serta (observasi), metode wawancara, dan metode angket. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hubungan pembinaan akhlak dalam keluarga dengan pengajaran
PAI yang dilakukan oleh guru disekolah sangat baik dan menunjukkan hasil yang
signifikan sebab pembinaan yang dilakukan keluarga dalam membimbing serta
memberikan tauladan yang baik dalam kehidupan sehari-hari bagi anak guru pun
melakukan hal yang demikian.
Adapun kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak siswa
di SDN 359 Wonosari adalah lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan dan
pengaruh media elektronik.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika-problematika
tersebut adalah upaya yang dapat dilakukan oleh madrasah (guru) yaitu : berusaha
semaksimal mungkin dengan memperbaiki proses pembelajaran dengan memberikan
pengertian terhadap siswa baik dari sisi materi pendidikan maupun sisi keteladanan,
mensosialisasikan arti disiplin dan pentingnya mematuhi peraturan madrasah baik di
dalam kelas maupun di luar serta memberikan sangsi berupa kredit point bagi siswa
yang melanggarnya, menjalin kekompakkan di antara para guru yaitu dengan
diadakannya rapat koordinasi di antara para guru di bawah koordinasi kepala
madrasah, mengupayakan untuk melengkapi sarana dan prasarana madrasah,
melakukan koordinasi dan menyamakan visi dalam pendidikan akhlak antara sekolah,
keluarga, dan masyarakat sekitar.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan
masukan bagi pembinaan akhlak generasi muda di masa-masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 17 May 2023 05:39 |
Last Modified: | 17 May 2023 05:39 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6121 |
Actions (login required)
View Item |