Maksus, Moh (2011) INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR PAI TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MTS. LARA I KECAMATAN BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Moh. Maksus.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Maksus, Moh. 2011. “Interaksi Belajar Mengajar PAI terhadap Pembentukan
Akhlak Siswa di MTs. Lara I Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu
Utara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (I), Prof. Dr.
H.M.Said Machmud, Lc.,M.A., Pembimbing (II), Drs. Hasri, M.A.
Kata kunci: Belajar Mengajar, Akhlak.
Skripsi ini membahas tentang gambaran interaksi belajar mengajar PAI
terhadap pembentukan akhlak siswa, serta hambatan dan upaya apa yang dilakukan
oleh guru PAI dalam interaksi belajar mengajar PAI terhadap pembentukan akhlak
siswa MTs. Lara I Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu-Utara
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan metode
kepustakaan (library research) sebagai landasan teori, dan metode lapangan (filed
research) sebagai metode mengumpulkan data di lokasi penelitian melalui observasi,
interview, dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikemukakan bahwa gambaran
interaksi belajar mengajar PAI siswa terhadap pembentukan akhlak siswa di MTs.
Lara I Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara adalah saling berhubungan satu
sama lain, sebab dalam pembelajaran pendidikan agama pada umumnya bertujuan
untuk mengarahkan siswa agar memperoleh pemahaman agama yang baik sehingga
terimplementasi dalam bentuk akhlak siswa pada setiap tindakannya.
Hambatan dan upaya apa yang dilakukan oleh guru PAI dalam interaksi
belajar mengajar PAI terhadap pembentukan akhlak siswa MTs. Lara I Kecamatan
Baebunta Kabupaten Luwu-Utara, yaitu pada faktor penghambat yang dialami oleh
guru dalam pembentukan akhlak para siswa MTs. Lara I adalah kurangnya respon
orang tua dan masyarakat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pihak madrasah
untuk membina akhlak siswa, masih terdapatnya sarana dan prasarana yang kurang
memadai, seperti ukuran mushollah yang kecil dan kurangnya referensi pendidikan
agama Islam. Adapun upaya yang dilakukan adalah:a). Pembinaan akhlak kepada
Allah swt, seperti: melaksanakan shalat berjamaah di MTs. Lara I., b). Pembinaan
akhlak kepada orang tua, seperti: senantiasa memberikan nasehat mengenai cara
mendidik anak sampai dewasa, serta disarankan agar selalu berbakti kepada mereka
dengan tidak menyakiti peraasannya., c). Pembinaan akhlak kepada guru, seperti:
menghormati guru, giat belajar serta sopan san santun dalam bertutur kata kepada
guru., d). Pembinaan akhlak kepada orang lain, seperti: dengan melakukan kegiatan
LDK dan pengajian, hal ini dimaksudkan agar siswa dapat belajar untuk hidup
bersosialisasi dalam suatu kelompok serta sebagai wadah untuk melatih mental
mereka agar mampu mengontrol diri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 19 May 2023 02:27 |
Last Modified: | 19 May 2023 02:27 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6132 |
Actions (login required)
View Item |