Strategi Guru dalam Menginternalisasikan nilai Tauhid pada siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu

Ma'shum, Muh (2011) Strategi Guru dalam Menginternalisasikan nilai Tauhid pada siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Muh. Ma'shum.pdf] Text
Muh. Ma'shum.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. Ma’shum 2012. Strategi Guru Menginternalisasikan Nilai ketauhidan pada Siswa
MTs Darul Istiqamah Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu.
Skripsi. Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (S.Pd.I).
Pembimbing: (1) Dra. St.Marwiyah, M.Ag.,(2) Taqwa, S.Ag.,M.Pd.I
Kata kunci : Strategi guru, Menginternalisasikan, Nilai Ketauhidan.
Skripsi ini membahas tentang Strategi guru Menginternalisasikan nilai
ketauhidan pada siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten
Luwu.
Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1)
Strategi guru Menginternalisasikan nilai ketauhidan pada siswa MTs Darul Istiqamah
Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu. 2). Bagaimana efektivitas strategi
yang diterapkan guru dalam menginternalisasikan nilai tauhid kepada siswa MTs
Darul Istiqamah Cilallang.
Penelitian ini mempergunakan metode penelitian deskriptif yang memberikan
gambaran melalui data valid baik yang bersumber dari pustaka maupun obyek
penelitian. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis deskriptifd
kualitatif yang dimulai dari analisis data yang terhimpun kemudian bergerak ke arah
pembentukan kesimpulan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi guru
Menginternalisasikan nilai ketauhidan pada siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang
Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu. Dan untuk mengetahui efektivitas strategi
yang diterapkan guru dalam menginternalisasikan nilai tauhid kepada siswa MTs
Darul Istiqamah Cilallang.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi guru dalam
menginternalisasikan nilai tauhid pada siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang sebagai
prinsip pendidikan akhlak dalam kehidupan keluarga muslim di Desa Wara merupakan
penterjemah atas makna tauhid, Tauhid sebagai inti ajaran Islam mesti di jadikan
prinsip hidup. Tauhid sebagai prinsip pendidikan agama Islam dalam
menginernalisasikan nilai tauhid khususnya di Desa Wara Kecamatan Kamanre
Kabupaten Luwu, dan efektivias Strategi yang diterapkan guru dalam
menginternalisasikan nilai tauhid pada siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang adalah
tauhid sebagai prinsip keluarga dalam pendidikan akhlak dalam keluarga muslim di
Desa Wara Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu dijadikan sebagai pijakan
pelaksanaan pendidikan akhlak dalam keluarga. Artinya aspek-aspek yang ada pada
tauhid sebagai prinsip keluarga muslim diposisikan sebagai landasan membentuk dan
membangun keluarga; yakni keluarga yang setiap interaksinya akan selalu bernilai
bahkan sebagai sebuah media pendidikan akhlak. Bahwa keluarga sebagai media
viii
pendidikan pertama memerlukan tauhid sebagai pijakan dalam setiap aktivitasnya.
terlebih untuk melandasi pendidikan akhlaknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 00:11
Last Modified: 22 May 2023 00:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item View Item