KASNITA, TIARA (2022) PENGEMBANGAN BUDAYA TOLERANSI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
TIARA KASNITA.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Tiara Kasnita, 2022.“Pengembangan budaya toleransi beragama dalam
Pendidikan Agama Islam.” Skripsi program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama IslamNegeri
Palopo. Dibimbing oleh: Dr. Muhaemin, M.A., Arifuddin, S.Pd.I., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan budaya toleransi yang ada di
SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui bagaimana
bentuk pengembangan budaya toleransi di SMP Negeri 3 Palopo, 2) Mengetahui
faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan budaya toleransi di
SMP Negeri 3 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun
pendekatan pada penelitian ini yaitu, pendekatan pedagogik, psikologis, dan
teologis. Penelitian ini berfokus pada pengembangan budaya toleransi dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas IX di SMP Negeri 3 Palopo.
Data dan sumber data diperoleh dari data sekunder dan data primer. Teknik dalam
pengumpulan data menggunakan tiga metode: observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan data yang digunakan yaitu
triangulasi, yang dibagi menjadi 3 macam yaitu : triangulasi teknik, triangulasi
sumber dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Bentuk pengembangan budaya
toleransi di SMP Negeri 3 Palopo dapat dilihat dengan adanya sikap kerja sama
atau gotong royong misalnya membersihkan tempat ibadah, saling menghargai
dan menghormati satu sama lain tanpa membeda-bedakan siswa lainnya yang
berbeda keyakinan, yang merupakan bentuk impelementasi dari materi “damailah
negeri dalam toleransi” yang diajarkan pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam kelas IX. 2) Faktor yang menjadi pendukung pengembangan budaya
toleransi beragama dalam pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Palopo yaitu,
lingkungan sekolah yang kondusif, dorongan kepala sekolah contohnya pada saat
kegiatan keagamaan kepala sekolah selalu memberikan izin serta menyediakan
fasilitas sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, serta keadaan sarana
dan prasarana yang memadai maksudnya yaitu tersedianya mushollah bagi yang
beragama muslim dan ruangan diperpustakaan atau ruang kelas yang bagi non
muslim untuk melakukan ibadah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat
dibagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun yang menjadi
faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik yang belum
terlalu dewasa dalam mengontrol emosi serta, dan faktor eksternalnya yaitu
lingkungan di luar sekolah sebagai lingkungan bergaul, dan kurangnya kontrol
dari orang tua, serta kurangnya jam pelajaran pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam yang hanya 3 jam/minggu.
Kata Kunci: Budaya, toleransi beragama, pendidikan agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 22 May 2023 00:20 |
Last Modified: | 22 May 2023 00:20 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6138 |
Actions (login required)
View Item |