USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs. AL-QASHAS TOBEA KEC. PONRANG SELATAN KAB. LUWU

Ramli, Muliana (2011) USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs. AL-QASHAS TOBEA KEC. PONRANG SELATAN KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Muliana Ramli.pdf] Text
Muliana Ramli.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ramli, Muliana, 2011. “Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan
Kualitas Pendidikan Agama Islam di MTs. al-Qashas Tobea Kec. Ponrang
Selatan Kab. Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. Hasri, M.A. dan Pembimbing (II) Dra.
Adilah Mahmud, M. Sos.I.
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Kualitas Pendidikan Agama Islam

Skripsi ini membahas tentang usaha guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di MTs. al-Qashas Tobea Kec.
Ponrang Selatan Kab. Luwu di mana penelitian ini mengangkat permasalahan tentang
1). Apa usaha-usaha dilakukan guru pendidikan agama Islam di MTs. al-Qashas
Tobea Kec. Ponrang Selatan Kab. Luwu dalam meningkatkan kualitas pendidikan
agama Islam. 2). Bagaimana peranan guru pendidikan agama Islam di MTs. al�Qashas Tobea Kec. Ponrang Selatan Kab. Luwu.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek dikaji, yakni a).
Pedoman observasi yakni pengamatan dilakukan secara sengaja, 2). Observasi
dilakukan dengan maksud untuk memberikan tuntutan pengamatan, 3). Interview,
yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan jalan mengadakan wawancara dalam
memberi data serta 4). Angket, yaitu teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
memberi seperangkat pertanyaan, kemudian selanjutnya keseluruhan data tersebut
dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil
olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap
suatu permasalahan telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran usaha
guru dalam peningkatan kualitas pendidikan dan hasil analisis berbentuk tabel
frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian ini dapat menentukan usaha untuk meningkatkan kualitas
pendidikan di sini peran guru sebagai kulminator terpadu dengan peran sebagai
evaluator mampu memancing aspirasi siswa, mampu mengaktifkan siswa dalam
proses belajar mengajar, mampu mempariasi pengelolaan kelas, mampu melayani
perbedaan individu siswa, serta mampu meningkatkan interaksi belajar siswa. Usaha�usaha dilakukan guru pendidikan agama Islam di MTs. al-Qashas Tobea Kec.
Ponrang Selatan Kab. Luwu dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam
adalah a). Pola pengajaran efektif, b). Pelaksanakan metode pengajaran, c).
Pengadaan les mata pelajaran, d). Keaktifan guru dalam mengajarkan mata pelajaran
PAI, e). Penguasaan guru pada materi pelajaran diajarkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 00:23
Last Modified: 22 May 2023 00:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6140

Actions (login required)

View Item View Item