Nurakidah, Nurakidah (2011) STRATEGI PEMBINAAN DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 PAKUE KABUPATEN KOLAKA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Nurakidah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurakidah, 2011. Strategi Pembinaan Di Lingkungan Keluarga Dan Pengaruhnya
Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pakue Kabupaten
Kolaka Utara, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Palopo. Pembimbing, (I) Drs.M.Amir Mula, M.Pd.I, (II)
Dra.Nuryani, MA.
Kata Kunci: Guru, Siswa, Pendidikan Agama Islam
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang Strategi
Pembinaan Di Lingkungan Keluarga Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar
Siswa SMP Negeri 3 Pakue Kabupaten Kolaka Utara. Permasalahan dalam skripsi ini
adalah strategi pembinaan di lingkungan keluarga dan pengaruh yang ditimbulkannya
terhadap prestasi belajar siswa.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode
pengumpulan data yang di dalamnya meliputi angket, wawancara dan dokumentasi.
Untuk pengolahan data digunakan teknik induktif dari khusus ke umum, metode
deduktif dari umum ke khusus serta metode komparatif yakni membandingkan
anatara keduanya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pembinaan yang dilakukan
dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pendidikan Agama Islam di SMP Negeri
3 Pakue Kabupaten Kolaka Utara dilakukan dengan mengembangkan pola kerjasama
antara sekolah yang menjadi tanggung jawab guru dan kepala sekolah dengan
lingkungan keluarga yang menjadi tanggung jawab orang tua. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara strategi pembinaan yang dilakukan di
lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Ini terungkap dengan andanya
kontrol yang dilakukan oleh orang tua terhadap nilai raport anak di sekolah. Beberapa
upaya yang dilakukan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3
Pakue adalah dengan memberikan bimbingan kepada anak untuk belajar di rumah,
melengkapi buku-buku pelajaran pendidikan Agama Islam sebagai sarana belajar,
serta mendorong dan memotivasi anak untuk belajar di rumah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 22 May 2023 02:25 |
Last Modified: | 22 May 2023 02:25 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6160 |
Actions (login required)
View Item |