STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU BERAGAMA SISWA (Studi Kasus Pada SD Negeri 045 Lara Utama)

Nurhastati, Nurhastati (2010) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU BERAGAMA SISWA (Studi Kasus Pada SD Negeri 045 Lara Utama). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nurhastati.pdf] Text
Nurhastati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhastati, 2010, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Prilaku
Beragama Siswa (Studi Kasus Pada SD Negeri 045 Lara Utama). Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs.
Hisban Thaha, M.Ag. (II) Ilham, S.Ag., MA.
Kata kunci : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Prilaku Beragama Siswa
Skripsi ini berjudul Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Membentuk Prilaku Beragama Siswa (Studi Kasus Pada SD Negeri 045 Lara Utama)
yang membahas berbagai pendekatan guru dalam mengolah materi pembelajaran
serta dalam membuat kegiatan agar guru mampu membentuk prilaku beragama siswa.
Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah menggambarkan kondisi siswa dan
strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengolah proses pembelajaran serta
membahas tentang faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat dalam
membentuk prilaku beragama siswa.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan menentukan populasi
guru pendidikan agama Islam 1 orang sebagai sumber data primer, dan siswa SD
Negeri 045 Lara Utama berjumlah 375 orang, dalam penarikan sampel penelitian ini
menggunakan metode random sample dengan menetapkan sampel guru 1 orang dan
siswa kelas V berjumlah 53 orang. Dalam rangka mendapatkan data yang dibutuhkan,
maka dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan dua metode, yaitu:
wawancara dengan tujuan memperoleh informasi dari guru dan pihak sekolah.
Angket yang disebarkan kepada responder dengan tujuan memperoleh perkembangan
prilaku beragama siswa, dan yang terakhir adalah dokumentasi, dengan tujuan
mendapatkan informasi yang berkaitan dengan fasilitas derta perangkat keras dalam
proses pembelajaran untuk mempermudah proses pengumpulan data.
Dari hasil penelitian yang telah dikumpulkan melalui metode yang telah
ditentukan. Maka, strategi sangat dibutuhkan dalam sebuah pendekatan atau dalam
proses pembelajaran, sehingga dengan kapasitas strategi yang dimiliki oleh guru
dapat mempermudah guru untuk mencapai tujuannya dengan maksimal dan tentunya
juga didukung oleh kondisi fasilitas dan kerjasama antara pihak sekolah dan guru
untuk mewujudkan tujuan bersama dalam pendidikan secara umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 03:14
Last Modified: 22 May 2023 03:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6164

Actions (login required)

View Item View Item