Nurhayani, Nurhayani (2011) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA SISWA DI SD NEGERI 2 KALU-KALUKU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Nurhayani.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Nurhayani, 2011. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAI terhadap Peningkatan 
Minat dan Motivasi Belajar Agama Siswa di SD Negeri 2 Kalu-kaluku. 
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, 
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing, (I) 
Drs. Hasri, MA., (II) Dra. Helmi Kamal, M.HI.. 
Kata Kunci: Keterampilan mengajar, Guru, Siswa, Minat, Motivasi, Belajar 
 Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang Pengaruh 
Keterampilan Mengajar Guru PAI terhadap Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar 
Agama Siswa di SD Negeri 2 Kalu-kaluku. Permasalahan dalam skripsi ini adalah 
Bagaimana Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAI terhadap Peningkatan Minat 
dan Motivasi Belajar Agama Siswa di SD Negeri 2 Kalu-kaluku. 
 Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode 
pengumpulan data yang di dalamnya meliputi angket, wawancara dan dokumentasi. 
Untuk pengolahan data digunakan teknik induktif dari khusus ke umum, metode 
deduktif dari umum ke khusus serta metode komparatif yakni membandingkan 
anatara keduanya. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketermpilan mengajar guru PAI di SD 
Negeri 2 Kalu-kaluku pada dasarnya sudah cukup baik, namun masih bersifat 
konvensional, dalam arti bahwa keterampilan yang diaplikasikan tidak banyak 
dikembangkan menjadi lebih bervariatif. Hal tersebut nampak dari usaha guru untuk 
menggunakan berbagai macam metode di dalam mengajar di mana 53.5 % guru 
menggunakan metode bervariasi, sedangkan 43 % menyatakan kadang-kadang. 
Artinya perbandingan antara guru yang menggunakan metode bervariasi secara 
konsisten dengan guru yang tidak secara konsisten menggunakan metode bervariasi 
hampir sama besarnya. Dalam hal minat dan motivasi belajar, para siswa di SD 
Negeri 2 Kalu-kaluku cukup menunjukkan minat yang baik dan motivasi belajar yang 
cukup besar. Walau data angket menunjukkan bahwa 62,3 % siswa menyatakan 
bahwa minat belajar mereka sangat dipengaruhi oleh sarana belajar yang mendukung 
dan memadai, namun telah menggambarkan tingginya minat belajar tersebut. Hal ini 
menjadi dasar bagi para siswa untuk mengembangkan kemampuan belajar PAI yang 
ada pada diri mereka. Keterampilan mengajar guru pun sangat berpengaruh terhadap 
peningkatan minat dan motivasi belajar PAI para siswa di SD Negeri 2 Kalu-kaluku. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80,7 % siswa menyatakan minat mereka 
terhadap guru yang menurut mereka terampil mengajar.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 22 May 2023 05:54 | 
| Last Modified: | 22 May 2023 05:54 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6173 | 
