PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA SISWA DI SD NEGERI 2 KALU-KALUKU

Nurhayani, Nurhayani (2011) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA SISWA DI SD NEGERI 2 KALU-KALUKU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nurhayani.pdf] Text
Nurhayani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhayani, 2011. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAI terhadap Peningkatan
Minat dan Motivasi Belajar Agama Siswa di SD Negeri 2 Kalu-kaluku.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing, (I)
Drs. Hasri, MA., (II) Dra. Helmi Kamal, M.HI..
Kata Kunci: Keterampilan mengajar, Guru, Siswa, Minat, Motivasi, Belajar
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang Pengaruh
Keterampilan Mengajar Guru PAI terhadap Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar
Agama Siswa di SD Negeri 2 Kalu-kaluku. Permasalahan dalam skripsi ini adalah
Bagaimana Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAI terhadap Peningkatan Minat
dan Motivasi Belajar Agama Siswa di SD Negeri 2 Kalu-kaluku.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode
pengumpulan data yang di dalamnya meliputi angket, wawancara dan dokumentasi.
Untuk pengolahan data digunakan teknik induktif dari khusus ke umum, metode
deduktif dari umum ke khusus serta metode komparatif yakni membandingkan
anatara keduanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketermpilan mengajar guru PAI di SD
Negeri 2 Kalu-kaluku pada dasarnya sudah cukup baik, namun masih bersifat
konvensional, dalam arti bahwa keterampilan yang diaplikasikan tidak banyak
dikembangkan menjadi lebih bervariatif. Hal tersebut nampak dari usaha guru untuk
menggunakan berbagai macam metode di dalam mengajar di mana 53.5 % guru
menggunakan metode bervariasi, sedangkan 43 % menyatakan kadang-kadang.
Artinya perbandingan antara guru yang menggunakan metode bervariasi secara
konsisten dengan guru yang tidak secara konsisten menggunakan metode bervariasi
hampir sama besarnya. Dalam hal minat dan motivasi belajar, para siswa di SD
Negeri 2 Kalu-kaluku cukup menunjukkan minat yang baik dan motivasi belajar yang
cukup besar. Walau data angket menunjukkan bahwa 62,3 % siswa menyatakan
bahwa minat belajar mereka sangat dipengaruhi oleh sarana belajar yang mendukung
dan memadai, namun telah menggambarkan tingginya minat belajar tersebut. Hal ini
menjadi dasar bagi para siswa untuk mengembangkan kemampuan belajar PAI yang
ada pada diri mereka. Keterampilan mengajar guru pun sangat berpengaruh terhadap
peningkatan minat dan motivasi belajar PAI para siswa di SD Negeri 2 Kalu-kaluku.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80,7 % siswa menyatakan minat mereka
terhadap guru yang menurut mereka terampil mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 05:54
Last Modified: 22 May 2023 05:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6173

Actions (login required)

View Item View Item